kebersamaan

9:21 PM

Himaseta. sungguh menyenangkan mengingat kebersamaan ini di alam bebas :)
kita terlahir di alam, hidup di alam, dan nantinya pasti menghembuskan nafas terakhir di alam. selalu, semesta memiliki caranya sendiri dalam hal memberi pelajaran. belajarlah dari alam karena banyak sekali hikmah yang terkandung di dalamnya. bahwa meniadakan alam adalah meniadakan sebagian potongan hidup yang terangkai sebagai kita. Manusia.

katanya kita harus menghargai segala apa yang ada di sekitar. entah itu berupa berkah udara yang kita hirup tanpa lelah, tanah yang kita pijak, sekedar serangga serangga kecil yang tak kasat mata, dan tak lupa keluarga yang enggan untuk tidak menyayangi kita. bahwa segala yang sungguh sungguh ada itu pasti terdapat keikhlasan sang Rabbi di dalamnya. tak terkecuali berupa ilmu yang nyata.

dan benar saja, pagi itu segerombolan serangga mengubah pandangan saya terhadap hidup ini. tidak secara keseluruhan tentunya. melainkan sebuah nilai kehidupan yang memang seharusnya tertanam pada kita. manusia. 

tahukah kalian mengenai serangga rayap? bagi saya mereka adalah serangga kecil yang memiliki kekuatan super. saya menyebut "mereka" karena itulah nilai nilai kehidupan yang tertanam padanya. karena sebuah bangunan (dari kayu) nan megahpun mampu dirobohkan oleh sekumpulan rayap. jadi apa yang mau ditiru dari rayap? ilmu merusaknya? bukan, bukan itu yang saya maksud.

tidak hanya mampu merobohkan, barisan kecil super ini juga mampu membangun sarang yang menjulang tinggi (jika dilihat dari sudut pandang mereka). bayangkan, hanya dengan memiliki ketinggian kurang dari 3 mm, rayap rayap ini mampu membangun sarangnya setinggi 9 m. kurang lebih 3000 kali tinggi mereka. kalo boleh dibandingin ya, manusia dengan gedung tertingginya cuman 1000 m. kurang lebih 500 kalinya saja dari tinggi manusia rata rata.

salah satu hal yang benar benar membuat saya kagum adalah nilai dari kebersamaan rayap rayap tersebut. dengan tubuhnya yang mungil, mereka sadar betul bahwa meniadakan kebersamaan adalah sesuatu yang bodoh. dengan tubuhnya yang kecil, mereka mampu membangun mahakarya yang sekiranya sampai sekarang masih sangat mustahil bagi manusia. dengan kebersamaan mereka mampu melakukannya, dengan kebersamaan mereka menghapuskan batasan batasan dari diri mereka secara personal. ajaib!

kebersamaan bukanlah soal kamu nggak bisa berdiri tegak tanpa sepasang kakimu sendiri. namun kebersamaan adalah tentang perjalanan hidupmu yang nggak kamu biarkan berteman dengan bayangannya saja. bukankah menyenangkan ketika kamu berjalan dan menoleh, selalu ada kawan yang mengiringi langkahmu. selalu setia memberikan senyuman yang hangat untukmu.

memerlukan kawan untuk saling berpegangan bukanlah sesuatu yang memalukan. satu yang saya pahami. manusia tidak dilahirkan untuk berdiri sendiri, walaupun ia mempunyai segala hal untuk membuatnya mampu berjalan. berjalan sendirian tidak akan pernah memberimu cerita apa apa. segala hal akan selalu baik baik saja jika dilakukan bersama sama :)

kebersamaan saya dengan teman teman kesma :)
APACHE!! :D
ceria bersama himatemia 2014 :D
ganteng ganteng, kurang apalagi? :p
ps:
masih banyak kebersamaan yang nggak bisa saya ceritakan satu persatu disini. namun satu yang membuat saya bangga, bahwa bersama kalian mampu membuat saya paham tentang memiliki kelemahan bukanlah dosa. karena saya yakin akan selalu ada kalian yang melengkapi. terimakasih :))







You Might Also Like

2 komentar

  1. kebersamaan dengan sahabat itu penting, dengan itu persahabatan kita akan lengket selama-lamanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sahabat akan senantiasa melengkapi kurangnya kita. cintai sahabatmu nikmati kebersamaanmu :)

      Delete

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

recent posts

Popular Posts

Categories

aplikasi (5) arsip (10) bandung (1) buku (2) cerpen (2) cinta (19) detective conan (1) indonesia (17) inspirasi (35) islam (7) Jakarta (6) keluarga (2) kesehatan (1) kisah (28) kuliner (6) life (57) lingkungan (2) moment (10) movie (1) opini (25) organisasi (6) puisi (11) quotes (2) random (5) review (8) sarkasme (5) saya (34) Semarang (5) sepakbola (3) sharing (9) teknik kimia (4) ungaran (1) wisata (4)

Subscribe