Posts

Showing posts from October, 2015

Malaikat kecil

Image
kamis 29 Oktober 2015, hari itu menjadi hari yang membahagiakan bagi keluarga mas Suparno. keluarga yang sebelumnya hanya beranggotakan 3 orang, pada hari itu dalam seketika harus menambahkan lagi 1 orang di dalam daftarnya. ya, keluarga Mas Suparno mendapat member baru.

...

kamis pagi, seperti hari - hari meliburkandiri pada umumnya, aku mengisi waktu hanya dengan bermalas - malasan di kamar. sesekali aku scrolling page di twitter android, dan sesekali juga aku mengecek news feeds di BBM. aktivitas ini menjadi aktivitas yang lumrah bagi sebagian anak muda jaman sekarang, benar-benar aktivitas yang tidak produktif.

namun aktivitas yang seharusnya dihindari ini akhirnya berbuah manfaat. ketika itu, melalui display picture dan private message di BBM nya, secara bersamaan pasangan mas Supar dan mbak pipit mengabarkan kabar gembira. yes! ponakanku yang baru telah lahir.


segera aku mengirimkan pesan selama kepada keduanya, sekalian menanyakan dimana rumah sakit tempatnya bersalin. "se…

antara ngeblog dan semangat pemuda

Image
Sebenarnya tulisan ini ingin aku posting kemarin, tetapi kebetulan bertepatan dengan wisuda temen - temen aku. karena terjebak oleh euphoria bahagia (ceileh!), dan tidak sempat melanjutkan tulisan, maka aku memutuskan untuk mempostingnya hari ini saja.


Selamat Hari Blogger Nasional

tepat sehari yang lalu, tanggal 27 oktober, dirayakanlah hari yang menandakan eksistensi anak - anak yang menggeluti dunia blogging. ya! selamat hari blogger nasional!

pencanangan hari blogger ini memiliki nilai yang sangat penting karena semakin membludaknya para blogger Indonesia. dengan adanya hari tertentu sebagai puncak perayaan, diharapkan para penikmat dunia tulis menulis di dunia maya ini kian sadar akan keberadaan dunia blogging yang semakin disorot.

seruan untuk pembentukan blog yang memiliki kredibilitas yang baik dan sehat juga diharapkan akan terus ditingkatkan, seiring dengan bertambahnya usia laman blogger. karena pada dasarnya dunia perbloggan tidak hanya melulu soal diary elektronik, tetapi …

mencuri waktu

Image
aku yang lalu hanya mengerti
bahwa kesepian adalah saat dimana tak satupun indera yang mampu memahamimu
yaitu ketika telinga tak lagi mendengar keluhmu
dan pasang mata yang tak lagi mencuri gambar lengkung senyum palsumu
aku yang lalu hanya tahu
bahwa keramaian adalah fana

...

aku merangkak terdorong oleh waktu. kilatan - kilatan cahaya teriring disamping membiaskan efek velosit, sedangkan percik api hadir dengan malas beberapa kali, nampak aku menderu olehnya. terkadang aku berhenti sejenak tertinggal, untuk kemudian ditarik paksa kembali oleh putaran itu. jengah, namun tidaklah dapat berhenti.

fantasi itu hadir sesekali, melukiskan angkuhnya sang waktu. ia memaksa dan ia memberi kuasa. padahal ia bukanlah Tuhan. konyol. lain kesempatan kemudian ada yang berkata "hei, waktumu sangat pendek, ayo cepat!". ayolah, kau seolah olah berkuasa mengatasnamakan pemberi kuasa, padahal sama saja, kau bukanlah Tuhan.

aku tahu, waktu dan segala hal mengenainya sudah tertata rapi di atas…

tidak dilahirkan untuk mencontek

Image
tulisan ini sama sekali tidak bertujuan untuk menjudge salah, orang - orang yang ketika ujian hanya ngandelin jurus contek - mencontek. karena akupun pernah, dan terbilang menjadi sering melakukannya ketika masuk bangku kuliah. toh nggak perlu disalah salahin, yang namanya mencontek pasti tergolong perbuatan yang salah.

tulisan ini cuma pengen nyeritain bahwa ternyata ada orang yang memang tidak ditakdirkan untuk mencontek. ya, orang itu adalah aku.
...

siapa sih pelajar Indonesia jaman sekarang yang tidak pernah melakukan aksi sharing jawaban. kalo ada aku pengen kenal tuh orang, kalo cewe aku bakal jadiin istri, kalo cowo aku bakal jadiin suami sahabat. aku perkirakan hampir 90% warga negara terdidik di Indonesia pernah melakukannya, minimal aksi kecil - kecilan lah.
aku sendiri mengenal dunia contek mencontek sejak SMP. waktu itu aku hanya mengamati dan menyaksikan kejahatan tingkat pelajar itu dengan seksama, belum mempraktikannya. alasannya cukup simpel, belum butuh. gini - gini a…

Sepi

Image
pernah nggak sih ngerasain waktu berjalan begitu lambat? sedangkan dirimu terbiasa dengan sesuatu yang serba cepat. seperti saat ini, saat dimana satu persatu kawan tengah berlarian di depanku, padahal aku sangat butuh pemutar waktu.

pernah nggak sih ngerasain dunia begitu hampa? sedangkan keramaian adalah yang sebenarnya nyata. seperti saat ini, saat dimana aku hanya berdiri menatap ke depan, tak bisa mengejar karena terpaut suatu alasan.

aku adalah satu diantara sembilanbelas orang yang bernasib sama, bahkan mungkin ribuan jika yang sebelumnya diperhitungkan. bukan, aku bukanlah orang yang terpilih. mungkin lebih pantas disebut orang yang tersisih.

aku berada di barisan para pecundang, menunggu nasib yang sampai sekarang belum juga diperhitungkan. nunggu keluar transkrip katanya. konyol kan? ketika kebahagiaan hanya terpaut oleh secarik kertas.

hahaha nggak juga sih ya, mungkin hanya soal 'siapa rasa'.

...

hei kalian, rombongan para pemenang, bagaimana suasana di gedung itu…

kebangkitan Neymar dan sejarah 4 gol

Image
krisis pemain barcelona beberapa pekan ini, merupakan krisis terparah sejak era lucho bergulir. beberapa punggawa utama barcelona terpaksa harus menepi, bahkan termasuk tumpuan tim utama Leo messi. tulisan mengenai cidera messi pernah saya ulas di pengganti messi. dalam artikel tersebut saya menuliskan mengenai kemungkinan - kemungkinan langkah selanjutnya yang akan dipakai oleh luis enrique. dan salah satunya adalah neymar.
neymar si bocah fanboy

sebelum bergabung dengan barcelona, kehebatan neymar di santos memang tidak bisa dipungkiri. di usianya yang sangat belia tersebut, neymar diincar oleh beberapa raksasa eropa. sebut saja barcelona, real madrid, manchester united, manchester city, dan PSG. dua nama pertama menjadi kandidat terkuat. bahkan propaganda media telah menyebutkan bahwa madrid menyepakati kontrak dengan neymar.

tetapi nasib berkata lain, neymar yang notabene seorang fanboy messi, lebih memilih barcelona ketimbang madrid. ya, bermain dengan idola memang sebuah tawaran…

Hantu susi

Image
kisah ini kurang lebih terjadi 5 tahun yang lalu. ketika itu aku masih menjadi siswa kelas XI di salah satu SMA negeri kota Semarang. seperti kisah hantu di sekolah pada umumnya, kisah ini sudah cukup tersebar di telinga teman - teman seangkatanku. bahkan sempat menjadi trending topic yang hangat kala itu. aku memang tidak melihat secara langsung hantu tersebut, tetapi efek kengeriannya masih aku rasakan sampai sekarang. kisah ini sendiri merupakan salah satu pengalaman mistis yang tidak akan pernah  kulupakan. jadi maaf ya kalau ceritanya sedikit panjang. siapin cemilan gih buat temen baca :)
...

tahun kedua di SMA adalah tahun kita mulai beradaptasi terhadap lingkungan sekolah. aktivitas organisasi yang padat, ditambah dengan beberapa teman yang menggila menjadikan sekolah sebagai rumah kedua yang begitu nyaman. maka tidak salah, jika tahun kedua juga bisa dikenal sebagai tahun 'rewo - rewo' (ancur - ancuran). aku sendiri waktu itu aktif berorganisasi di Rohis.

di rohis, aku…

koloni kedelai yang nikmat mendunia

Image
dalam salah satu pembelajaran mata kuliah di kampus, saya berkesempatan untuk mengenal tempe lebih dalam. makanan khas dari Indonesia ini memang sudah mendunia. kepopulerannya semakin bertambah seiring riset mengenai kandungan dan efeknya terhadap kesehatan.
ketika itu, jam mata kuliah bioteknologi, dosen membawakan materi seputar fermentasi. perlu diketahui, bahwa fermentasi adalah proses perubahan karbohidrat atau protein menjadi susunan yang lebih sederhana seperti asam amino. proses ini dibantu dengan menggunakan ragi, jamur,atau bakteri dengan tujuan mengawetkan. oke, saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai apa dan bagaimana fermentasi ini, alih-alih membahasnya, saya akan menceritakan bagaimana proses pembuatan tempe secara tradisional.
... 
Pembuatan Tempe
tempe merupakan salah satu makanan yang menggunakan proses fermentasi dalam pembuatannya. biasa dikenal dengan fermentasi tempe, dan menggunakan ragi tempe (Rhizopus Sp.) proses pembuatan tempe pada umumnya dibagi menj…

Mencari Papan

Image
beberapa hari ini, ibu sering terdiam memandang layar smartphone. entah itu sore sepulang kerja, ataupun malam sebelum tidur. kegiatan baru ibu ini terbilang aneh, dan condong ke arah yang misterius. karena setahu saya, semenjak ibu mempunyai hape canggih merk samsul itu, pengoperasian yang dilakukan hanya sebatas telpon dan sms saja.
iya, ibu emang gaptek alias gagap teknologi. tapi toh itu nggak menjadi masalah, selama saya masih sayang ibu dan ibu masih sayang saya. batasan seseorang berbentuk gaptek masih dalam taraf kewajaran. nggak nyambung? yaudah sih.
kembali ke ibu.
sebagai seorang anak yang berbakti, dan penuh akan rasa peduli kepada orang tua. maka saya dengan penuh kesadaran menanyakan apa gerangan yang sedang dikerjakan ibu ini, termasuk sebab musababnya. 
(ceritanya percakapan ini dilakukan dengan bahasa jawa)
"bu, ibu sedang apa sih? kok keliatannya sibuk banget. jangan - jangan bisnis ibu ibu minta pulsa ya?"
karena terlalu fokus, ibu kaget.
"eh! kamu loh. mau …

Ruang Moment : Reuni Akbar PAT - FNGT - D3 Teknik Kimia UNDIP

Image
dua belas Oktober 2 tahun yang lalu, Himatemia Beraksi berhasil menyelenggarakan salah satu proker besarnya yaitu Reuni Akbar. Reuni Akbar merupakan acara rutin 5 tahun sekali, dan pada tahun itu adalah tahun keduanya. acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama alumni d3 teknik kimia Universitas Diponegoro yang sudah tersebar ke seluruh Indonesia. dengan bertajuk " Jalin Silaturahmi, Menginspirasi " acara tahun itu juga memiliki harapan untuk dapat menginspirasi alumni - alumni muda terhadap alumni - alumni yang telah sukses sebelumnya.
.....
ketika ditanya, "Selama 2 tahun mengabdi di Himatemia, apa kepanitiaan yang menurutmu paling berkesan?" maka saya akan menjawab Reuni Akbar
kenapa?
begini ceritanya
seperti yang sudah dijelaskan di paragraf pembuka di atas, Reuni akbar merupakan salah satu proker dari 3 proker besar. diantaranya adalah reuni akbar, rakorda BKKMTKI daerah 3 (rapat koordinasi daerah badan koordinasi kegiatan mahasiswa tek…

Ekonomi Ramah Lingkungan dengan Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan

Image
Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah perekonomian jangka panjang, yang seiring dengan tercapainya akan mengindikasikan keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara. Pertumbuhan ekonomi juga dapat diartikan sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik, dan diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diukur dengan cara membandingkan perkembangan ekonomi dari satu negara dengan negara yang lainnya. (Mulyanah, 2012). Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi memiliki definisi yang berbeda. pembangunan ekonomi ialah usaha meningkatkan pendapatan perkapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi riil melalui penanaman modal, penggunaan teknologi, penambahan pengetahuan, peningkatan ketrampilan, penambahan kemampuan berorganisasi dan manajemen. (Sukino, 2010). Pada prinsipnya, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi suatu negara …

speak up!

Image
hari ini saya diberi kesempatan untuk mengisi sebuah acara di kampus. Acara yang rutin diadakan tiap tahunnya sebagai pelatihan mahasiswa baru ini, adalah sebuah pelatihan bertajuk " Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Pra Dasar (LKMM PD) 2015". pelatihan ini wajib dilalui mahasiswa baru di Universitas Diponegoro. sesuai dengan namanya yaitu pra dasar, otomatis pelatihan ini memiliki episode lanjutan. re: Dasar, Madya, Nasional. tetapi berbeda dengan pendahulunya yaitu PraDasar, episode lanjutannya adalah opsional. peserta boleh memilih untuk melanjutkan ataupun tidak.
Pelatihan Pra Dasar pada umumnya dilaksanakan selama 2 haru di hari sabtu - minggu. karena di hari - hari tersebut, perkuliahan diliburkan. kenapa harus dilaksanakan selama 2 hari? jawabannya adalah dikarenakan oleh padatnya materi yang harus disampaikan. sebanyak kurang lebih 10 materi seputar pengembangan diri mahasiswa baru akan disampaikan dengan pembicara yang berbeda - beda. hari ini kebetu…

nasihat baut kecil

Image
sudah beberapa hari ini motor saya sedikit bermasalah. hal ini sekiranya mungkin tidak akan terjadi kalau sabtu di minggu yang lalu saya tidak memutuskan untuk menservis motor. ya, motor saya malah bermasalah semenjak keluar bengkel. keluhan ini tidak semata-mata keluar sebagai opini sendiri saja, ibu yang notabene terkadang memakai motor untuk aktivitas kerja pun ikut mengeluh tentang rewelnya motor.
jadi ceritanya gini, motor saya ketika dipacu itu akan mengeluarkan suara yang lumayan aneh. seakan akan ada nyawa harley yang merasuk ke motor yang sesungguhnya hanyalah kendaraan roda dua paling mainstream yaitu supra x. kalu ibu bilang suaranya nge bass tapi cempreng. kondisi yang aneh itu bertambah parah seiring dipaksanya menaiki jalanan menanjak setiap hari (saya kuliah berada di daerah dataran tinggi, rumah di dataran rendah). tetapi apadaya, keadaan telah memaksa, saya baru bisa memeriksakan kembali si motor satu minggu kemudian dikarenakan jadwal perkuliahan yang padat.
Alhamdu…