antara ngeblog dan semangat pemuda

12:32 PM

Sebenarnya tulisan ini ingin aku posting kemarin, tetapi kebetulan bertepatan dengan wisuda temen - temen aku. karena terjebak oleh euphoria bahagia (ceileh!), dan tidak sempat melanjutkan tulisan, maka aku memutuskan untuk mempostingnya hari ini saja.

dirangkul supaya nyusul :p

Selamat Hari Blogger Nasional

neko-freak.blogspot.com
tepat sehari yang lalu, tanggal 27 oktober, dirayakanlah hari yang menandakan eksistensi anak - anak yang menggeluti dunia blogging. ya! selamat hari blogger nasional!

pencanangan hari blogger ini memiliki nilai yang sangat penting karena semakin membludaknya para blogger Indonesia. dengan adanya hari tertentu sebagai puncak perayaan, diharapkan para penikmat dunia tulis menulis di dunia maya ini kian sadar akan keberadaan dunia blogging yang semakin disorot.

seruan untuk pembentukan blog yang memiliki kredibilitas yang baik dan sehat juga diharapkan akan terus ditingkatkan, seiring dengan bertambahnya usia laman blogger. karena pada dasarnya dunia perbloggan tidak hanya melulu soal diary elektronik, tetapi semakin menjadi wadah opini publik.

aku, yang notabene pertama kali menulis ngeblog hanya untuk iseng pun semakin kesini semakin sadar. bahwa pengaruh opini melalui media ini begitu besar. beberapa wadah sebut saja mojok.co , kompasiana.com dll merupakan contoh betapa banyak warga indonesia yang haus akan opini, haus untuk menyalurkan pendapat pendapat pribadi.

selain untuk media beropini, blog juga dapat dimaksimalkan untuk sarana penunjang informasi. beberapa tinjauan untuk tugas akhirku pun sempat menggunakan laman blog sebagai acuannya. pun berpuluh - puluh tugas yang pernah aku buat bermodalkan sumber yang sama, yaitu blog. hal ini menjadi bukti, bahwa blog adalah salah satu sarana informasi terbaik saat ini.

pemuda, ayo ngeblog!

berbicara mengenai bagaimana kita berbagi informasi, maka blog mungkin menjadi jawabannya. tetapi bagaimana kita bisa mengabarkan isi dari informasi yang telah kita tulis? kalo aku boleh bilang, maka komunitas blog lah yang menjadi sarananya.

komunitas atau grup atau apapun yang sejenisnya adalah wadah sekumpulan orang yang memiliki visi yang sama. biasanya di dalamnya mereka saling berbagi informasi, saling memberi saran dan kritik, saling membangun satu sama lain. di grup, orang yang sebelumnya belum saling mengenal, tiba tiba bisa menjadi 'akrab kental'. di grup, orang yang sebelumnya saling berjauhan karena jarak, tiba - tiba merasa didekatkan.

daaaaaaaan.. memperingati pula hari sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober ini. aku mengajak teman - teman semua, dengan semangat kepemudaan untuk terus menghasilkan karya. lewat apa saja, dan kapan saja. salah satu pilihannya adalah melalui kegiatan tulis menulis di blog.

kegiatan tulis menulis ini seru dan cocok untuk diaplikasikan dalam aktivitas para muda mudi di Indonesia ( yang merasa tua boleh juga lho, dengan semangat pemuda tentunya :p ). apalagi jika temen - temen berkenan untuk joint di beberapa grup anak blog yang buanyak macamnya. sebut saja salah satunya yaitu blogger energy  :)

aktivitas ini, seperti yang telah saya sebutkan diatas. bermanfaat untuk mengembangkan minat para pemuda melek opini, melek informasi. membosankan? enakan ngeshare cerita pribadi? jangan salah, para blogger personal pun banyak juga lho yang pandai beropini atau memberikan nilai nilai manfaat melalui cerita fiksi dan kesehariannya. sebut saja pangeran wortel, bro ara, bro rizky dll (bisa kok kenalan di grup blogger energy)

jadi, para pemuda indonesia, sudahkah kamu menentukan pilihan untuk berkarya?

You Might Also Like

14 komentar

  1. Hmm. Hidup anak blogger. Hidup Blogger Energy. Sebenarnya menunda adalah hal yang ngga baik, tapi karna emang ngga bisa banget jadi yah gapapa..

    Bdw, salam kenal,
    Rahul Syarif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw, ini kayak blog macam salam sapa blogger energy aja -_____-

      Delete
  2. eh, saya di sebut. jadi malu ini

    yup, para pemuda harusnya lebih positif dalam berpendpat. nggak hanya dengan demo dan sebagainya. Cukup nulis di blog, tuangkan semua aspirasi dan pendapat. dan saya yakin akan banyak membantu orang dan mungkin aja mengubah cara pandang orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan maluuu :p

      bukan lebih, tapi memang wajib yang positif positif huehehehe. blog salah satu sarana, bisa kok yang lain asal bermanfaat aja hehehe. :))

      Delete
  3. Hai, para pemuda Indonesia, sudahkah kamu menentukan pilihan untuk berkarya?

    Jawaban saya adalah sudah.

    Lewat media apa?

    Lewat media blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih bang Yoni bisa aja ngejawabnya. eh ini bang Yoni bukan? :p

      Delete
  4. Hai, para pemuda Indonesia, sudahkah kamu menentukan pilihan untuk berkarya?

    Jawaban saya adalah sudah.

    Lewat media apa?

    Lewat media blog :)

    ReplyDelete
  5. Blog emang asyik buat nyampein gagasan dan opini-opini. Lewat blog kita bisa bebas menyampaikan apapun. mudah-mudahan kedepannya dunia perblogan tambah baik. Kalo bisa setiap bulan ada event. (mudah-mudahan).

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog emang bebas, tapi segala sesuatu yang bebas pasti tetep aja ada batasan hehehe. aamiin semoga semakin bermanfaat kedepannya :)))

      Delete
  6. wah, enak ya temennya udah wisuda... tenang bro, lu pasti cepet nyusul kok..
    dunia ttg blog memang semakin hari semakin berkembang... tetapi, saat ini banyak juga...
    yg membuat blog dgn tujuan hanya untuk menghasilkan uang. Alhasil artikelnya tdk berkualitas dan
    hanya mengejar keuntungan materi semata... semoga kedepannya blogger indonesia lebih banyak lagi,
    yg berkualitas seperti yg bro sebutkan diatas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih bro, jadi pengen :p.
      aamiin bro terimakasih doanya.

      sebenarnya gapapa bro menjadikan blog sebagai ladang penghasilan. halal halal aja kok, yang penting kontennya bermanfaat untuk dibaca, bukan semata mata hanya untuk materi seperti yang bro bilang

      Delete
  7. Hmmmm ngeblog sangat berkaitan erat dengan menulis, dan manfaat menulis itu banyak sekali. Dengan menulis juga bisa menjadi dikenang. :)

    ReplyDelete

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

recent posts

Popular Posts

Categories

aplikasi (5) arsip (10) bandung (1) buku (2) cerpen (2) cinta (19) detective conan (1) indonesia (17) inspirasi (35) islam (7) Jakarta (6) keluarga (2) kesehatan (1) kisah (28) kuliner (6) life (57) lingkungan (2) moment (10) movie (1) opini (25) organisasi (6) puisi (11) quotes (2) random (5) review (8) sarkasme (5) saya (34) Semarang (5) sepakbola (3) sharing (9) teknik kimia (4) ungaran (1) wisata (4)

Subscribe