Hantu susi

7:59 PM

kisah ini kurang lebih terjadi 5 tahun yang lalu. ketika itu aku masih menjadi siswa kelas XI di salah satu SMA negeri kota Semarang. seperti kisah hantu di sekolah pada umumnya, kisah ini sudah cukup tersebar di telinga teman - teman seangkatanku. bahkan sempat menjadi trending topic yang hangat kala itu. aku memang tidak melihat secara langsung hantu tersebut, tetapi efek kengeriannya masih aku rasakan sampai sekarang. kisah ini sendiri merupakan salah satu pengalaman mistis yang tidak akan pernah  kulupakan. jadi maaf ya kalau ceritanya sedikit panjang. siapin cemilan gih buat temen baca :)

...


tahun kedua di SMA adalah tahun kita mulai beradaptasi terhadap lingkungan sekolah. aktivitas organisasi yang padat, ditambah dengan beberapa teman yang menggila menjadikan sekolah sebagai rumah kedua yang begitu nyaman. maka tidak salah, jika tahun kedua juga bisa dikenal sebagai tahun 'rewo - rewo' (ancur - ancuran). aku sendiri waktu itu aktif berorganisasi di Rohis.

di rohis, aku mempunyai 3 teman yang sangat dekat. ketiga teman itu adalah Renda, Upik, dan Yasir. dengan ketiga orang itu aku sering jalan bareng, entah itu ke kantin, ke masjid sekolah, atau hanya untuk tongkrong-tongkrong nggak jelas. pokoknya selalu ada alasan untuk kita selalu bersama, padahal kelas kami berbeda-beda.

Renda adalah orang kendal, untuk mempersingkat jarak sekolah, dia rela membayar untuk ngekost. tubuhnya gempal pendek, katanya sudah genetik keluarga turun temurun. terakhir aku main ke rumahnya memang terbukti, seluruh keluarganya bertubuh gempal dan pendek. renda ini orangnya konyol, setiap pembicaraan pasti akan menjadi lucu jika bersama dia. nggak heran, banyak teman yang menyukainya. ide idenya juga cenderung ke hal yang gila, dia salah satu otak dari kegiatan nggak jelas kami.

sebelum kenal denganku, renda lebih dahulu akrab dengan upik. keakraban mereka mungkin dikarenakan sama - sama berasal dari luar kota. upik bahkan lebih jauh, dia asli orang wonosobo. upik ini orangnya cerdas, nggak salah kalau dia masuk kelas olimpiade, kelas prestasi gitu deh. fokus upik ada di komputer, semua hal tentang komputer dia insyaAllah paham luar dalam.

jika upik dan renda adalah pasangan luar kota, maka aku dan yasir adalah pasangan dalam kota. saking deketnya, kita sering dibilang pasangan homo. apalagi setelah di kelas XII nanti aku bakalan sekelas dengannya. yasir ini pendiem kalau dilihat dari luar, tapi kalau udah kenal, isengnya bukan main. wajahnya sedikit berbau india dan berbau dimas seto, campuran gitu. ganteng sih enggak, tapi pesonanya lumayan.

bersama mereka ketiga, dengan dipimpin oleh renda, kami merencanakan ide gila.

sore itu, sepulang sekolah kami menjalankan aktivitas tongkrongan seperti biasa di serambi masjid. rapat rutin sudah selesai dan otomatis teman - teman rohis yang lain sudah pulang. diantara kami berempat, tidak sedikitpun suara terdengar. kami suwung. renda yang biasanya memecah suasana pindah lapak ke ruang MPK untuk rapat keduanya. gitu - gitu renda anak MPK loh.

sepuluh menit berlalu, keheningan sesaat itu seakan berjalan lambat, tetapi kami masih enggan untuk angkat kaki. kami menunggu renda. renda seakan menjadi alasan kuat bagi kami untuk tetap stay di tempat. sepuluh menit kedua pun berlalu, tak nampak tanda - tanda renda akan muncul. karena tak tahan bosan, aku mulai berkemas untuk pulang.

tetapi beberapa detik setelah sepatu lengkap terpakai, renda datang dengan wajah sumringah. "hai guys, sabtu besok libur kan. aku ada ide nih, pasti kalian mau join" untuk kesekian kalinya renda menawarkan ide gila. firasatku nampaknya semakin benar setelah si upik mengkonfirmasi seputar idenya, dia menanyakan "wah, kalo harus mengorbankan liburan, pasti ide ini gila ya?". dengan senyum khasnya, renda hanya terkekeh.

tanpa basa - basi kami segera merapatkan ide gila renda. "jadi gini lho guys, besok sabtu kan ada acara LDK OSIS, dan rencananya calon - calonnya bakal nginep malam ini" renda memimpin pembicaraan. "nah, di LDK gitu kan pasti ada yang namanya acara jurit malam, gimana kalo kita nonton, pasti seru" tambahnya. "maksudmu kita ikut nginep gitu?" tanyaku meminta kejelasan. renda hanya menjawab dengan acungan jempol.

"kalian tahu kan ruang matematika 1? kelasnya kan dipojokan tuh. nanti kita bobol aja buat persinggahan malam" nyerocos aja si renda soal idenya. "eh gila, ruang mat 1 kan angker, nggak pernah denger ya tentang hantu susi? nggak ah ren!" yasir berusaha menolak ide renda. memang legenda sekolah yang beredar mengatakan kalau di ruang mat 1 itu ada sesosok hantu siswa bernama susi, kabarnya dia mati kecelakaan saat berangkat ujian nasional.

"ah cemen, kita coba aja dulu. kalo nggak bisa dibobol baru plan kedua. kita buka paksa ruang indo 1 yang lebih mojok. gitu " perlahan renda mulai menerangkan maksudnya. "aku juga paham bro, masalah horrornya tuh kelas. tapi kalau kita nggak memilih kelas yang pojok, takutnya malah ketahuan satpam. mau?" "buat masalah keamanan insyaAllah bisa dijamin deh yang mojok - mojok gitu, buat masalah kenyamanan serahin sama aku" si upik mulai setuju dengan ide renda.

"oke oke, aku sama yasir nyerah. kita mulai kapan operasinya?" tanyaku. "sekarang aja gimana guys? sebelum maghrib nih, mumpung anak OSIS belum datang juga" renda menimpali dengan semangat. "okelah, ayok"

...

di pojokan itu, di depan ruang mat 1 kami berkumpul. dengan bermodalkan tongkat sapu kami mulai operasi pembobolan. perlu diketahui, kelas - kelas di sekolahan kami sudah full ac, maka semua jendela sudah tidak terpakai, bahkan dipaku beton ke arah kusen sehingga tidak bisa dibuka. pintunya pun bermodel dua pintu dengan kunci berada di tengah. jadi ketika selot atas dan bawahnya bisa terbuka, maka dalam keadaan terkunci pun pintu akan terbuka. fokus kami adalah selot atas dan bawah tersebut.

beberapa menit kami melakukan operasi, tetapi hasilnya nihil. celah diantara kedua pintu terlalu rapat, ditahan dengan batang sapu pun nggak muat. kami lelah. tapi tiba - tiba, entah itu iseng atau serius si renda berteriak gila "sus, bukain pntu dong. kalo dibukain nanti kami temani di dalam".. BRAKK! tiba-tiba jendela tengah terbuka sendiri. kami pontang panting lari menyelamatkan diri.

"gila kamu ren, main main sama susi ya!" bentak yasir. "aku nggak mau lanjut ah" tambahnya. "santai bro, santai. palingan itu cuma angin. lagian kebetulan banget sih. ayolah kita lanjut, udah kepalang tanggung. kita coba indo 1 gimana?" tawar renda. "yaudah - yaudah kita coba lagi, tapi kamu jangan aneh - aneh lagi ren!" "siap bos!"

indo 1 tempatnya lebih mojok berdekatan dengan kamar mandi di lantai dua. jadi masalah aura mistis tidak kalah dengan mat 1. bedanya, di indo 1 tidak ada cerita ataupun legenda tentang hantu hantu gitu. 

operasi pertama gagal, kami mulai menjalankan operasi kedua. dengan trik yang sama, ternyata indo 1 lebih mudah. celahnya tidak sesempit pintu mat 1. kurang lebih 5 menit pintu pun terbuka. "nah ini sudah terbuka kan, seperti kataku tadi, masalah keamana serahkan saja padaku. kalian sekarang cari cemilan gih di minimarket" kata upik kepadaku dan yasir.

satu setengah jam kemudian, ba'da maghrib setelah mau - maunya disuruh si upik aku dan yasir datang membawa satu plastik cemilan. "darimana aja bro lama amat, repot nih" kata renda. "hehe sorry guys, kami sholat dulu tadi. kalian udah sholat belum?" "udah bro, tadi gantian. sekarang yang terpenting coba lihat hasil sulap si upik. dia bisa bisanya ngambil sinyal internet 52 kelas ke dalam 1 kelas ini. ac kelas juga udah nyala, makmur kita!" kata renda sambil menunjuk ke arah upik. "wah gila! serius nih! keren. sekarang kita tinggal tunggu tengah malam sambil donlot film sebanyaknya hahaha" kata yasir sambil masang tampang rampok.

...

nggak terasa waktu pun berjalan cepat. sepertinya karena efek cepatnya akses internet. emang internet jagonya ngalihin perhatian, lebih jago dari raisa deh. waktu sudah menunjukan pukul 12 malam, sedangkan jadwal jurit malam adalah jam 1. apesnya pas jam jam seperti itu aku malah kebelet boker. sial40x!!

"pik, anterin ke wc dong, kebelet nih si renda sama yasir pake acara udah tidur lagi" aku merayu upik. "ogah ah, takut bro. tahan aja tuh tokai sampai pagi napa!" "gila aja bro, bisa kena tetanus aku" waktu itu aku nggak paham, seperti apakah penyakit tetanus itu. "yaudah, aku berangkat sendiri aja. udah nggak tahan!" "ati ati bro!"
sial!

aku rencananya pengen milih kamar mandi cewe, karena setau aku kamar mandi cewe itu lebih bersih. tapi di depan kamar mandi cewe ada momen yang aneh. jadi gini, waktu itu kan tengah malam, posisi kamar mandi ada di lantai dua, pojokan lagi. tapi kenapa ada suara orang mandi di dalamnya!!! yang lebih parah, pintu kamar mandi itu tertutup, tetapi ada meja yang menutup tepat berada di depan pintu itu, lah trus, gimana caranya orang yang mandi naruh tuh meja sedang posisi pintunya tertutup!!

dem dem... dem dem..

jantungku berdetak lebih kencang

urat urat melebar

lidahku kelu

bulu kuduk pun berdiri

tapi parahnya, tokai di perut seakan nggak perduli. dia tetep pengen menghirup udara bebas. dasar tahi!

karena nggak mau boker di celana, nekat aja aku menerobos kamar mandi cowo. kamar mandi ini tepat bersebelahan dengan kamar mandi cewe. waktu aku jongkok sambil ngeden, suara mandi itu masih terdengar. aku diem, suara mandi tambah terdengar. 'byur, byur' gitu. karena nggak tahan, tokai terakhir segera aku keluarkan, aku siram, cebok, lalu lari keluar kamar mandi menuju kelas. astaga! mejanya menghilang bersamaan dengan suara mandi. 

pucatlah wajah ini, dengan terbata bata aku ceritain apa yang aku alamin ke tokai  temen-temen. mendengar ceritaku, rencana awal untuk melihat jurit malam kami batalkan. kami memilih untuk tidur aja sambil berpelukan. tampaknya hantu susi nggak rela jika janji renda untuk menemaninya tidak ditepati, makanya ia mengganggu kami...

...
tulisan ini diikutsertakan dalam best article blogger energy periode oktober 2015. :)

You Might Also Like

29 komentar

  1. Hahaha gimana tu rasanya boker dalam kondisi seperti itu. Untung gak blepotan kemana-mana. Tokai jadi saksi bisu kejadian seram itu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya kayak ada pait paitnya gitu :v

      nggaklah bos, udah gede udah malu ama yg belepotan gitu hehehe

      Delete
  2. Mistis banget, gue aja sampe merinding, SUMPAH.

    Moga-moga menang lomba best article-nya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah yang bener hahaha. pengalaman asli nih. masih kebayang kalo main ke kamar mandi yang itu

      aamiin makasih bro

      Delete
  3. Jir, suasana kayak gini malah kebelet boker. Horror sumpah. Wakakaka
    gw jg baru tau nahan boker sampe pagi bisa kena tetanus =))
    good luck deh :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah yang aku nggak ngerti dari sebuah tokai.
      horror malah ketawa gitu :v
      hahaha, untungnya kagak tetanus beneran nih. *sial

      sip makasih bro

      Delete
    2. lo bokerin paku apa beling sih sampe titanus bro? wakakaka

      Delete
    3. bokerin kawat jemuran :v wakakakaka

      Delete
  4. hati-hati gan. dia nagih janji

    saya merinding baca nya
    dan. saya sih lebih banyak denger pengalaman orang ketimbang pengalaman sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. renda bos, renda yang harus ditagih huff

      hehehe, lebih baik denger deh daripada ngalamin sendiri

      Delete
    2. kalau pengalaman lihat sendiri sih moga gk pernah. tapi saya ini kebanyakan dalam mimpi

      Delete
    3. wah mimpi juga itungannya serem loh bro :v

      Delete
    4. ohya bro, aku suka tulisan tulisan mu. boleh nggak link blogmu aku sertain di blogku?

      Delete
  5. Alhamduliah, gue bacanya pagi², jadi gak ada noleh ke belakang gitu, karena parno. Hahahaha

    Kenapa ya, moment serem kek gini, harus disaat membuanh hajat begitu. Gak habis pikir aja, kalo poopnya ke mana-mana. Pas lari gak sempet cebok. Karena terlanjut takut.

    Tapi bener, sih. Serem bacanya Okky. Jangan sering² nulis begini, ya. Merinding gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh arwah nggak ada yg tidur loh bang *dem.dem*

      hahaha aku pun nggak ngerti sama pikiran dari si tokai -_____-

      untungnya pengalaman horror baru sekali ini bang, jadi kemungkinan cuman nulis ini doang *mudah-mudahan

      Delete
  6. Untung aja gue baca di sekolah, sendirian...
    ini pengalaman beneran ya?? kalo gue jadi elu, gue mending nahan boker...
    meskipun itu lebih berat dan sakit daripada melupakan mantan...
    *baper

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kok jadi untung -____-
      iya beneran ini, sumvah pengalaman yang gokil
      nggak deh, takut tetanus hehe

      Delete
  7. lah, kalian gak pulang dulu terus langsung nginep aja gitu. Anak-anak rohis macam apah kalian ini. Hahaha

    Eh tapi emang gitu sih, disetiap sekolah pasti ada cerita mistisnya dan entah kenapa selalu ada hubungan sama Ukian Nasional. Mati pas UN lah, gantung diri setelah UN, diputusin pas mau UN gara-gara si doi mau fokus belajar. Banyaklah... Haha

    Tapi yg di kamar mandi itu serem juga sih, tiba-tiba ada yg lagi mandi.. Tapi bisa aja itu penjaga sekolah yang emang lagi keramas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak anak rohis macam begundal fly over bro haha. emang gitu sih kebiasaan kami, nggak mandi langsung aja nginep haha.

      iya ini, susi itu legenda beneran di sekolah aku. bahkan katanya sering muncul keluar dari loker meja brrrrr

      nggak mungkin bro, penjaga sekolah rumahnya tepat di gedung sayap kiri, punya kamar mandi sendiri. lah kami nyungsep di kelas bagian gedung sayap kanan

      Delete
  8. Hahaha... ini cerita horor kenapa gue ketawa yak? aneh!

    Lagian sih BAB disaat yang nggak tepat. BTW pas kejadian itu gak diikutin kan? hehehe biasanya kalo kita lagi ketakutan dan dalam kondisi kayak gitu pasti mikirnya macem-macem takut diperlihatkan sosok yang sebenarnya. Oh iya, kenapa itu bisa disebut hantu susi? apa itu karena nama hantunya adalah susi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena apa ya ._.

      dasar tokai!! gatau nih habis itu aku langsung tidur meluk si renda.

      kenapa disebut susi, karena nama orang yang meninggal itu susiiiiii. brrrr

      Delete
  9. asik nih ceritanya, ngalir bagaikan tokai yang lo siram haha

    gue rasa si susi ngikutin lo deh sampe rumah, dan sekrang dia pindah tempat ke rumah lo. dia mau nuntut kemarin pas lo boker ternyata bokerin kepalanya dia hahaha

    serem juga yah. untung gue bacanya siang-siang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tokai yang kurang azar itu?!!!

      nggak! nggak mungkin! aku boker ceboknya pake sabun sirih asli. harusnya susi seneng~

      btw, hantu siang siang juga nggak tidur loh

      Delete
  10. Haha ada" aja
    tapi kurang detail nih seremnya jadi berasa sereman gambarnya (0,0)v

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya diceritain pake mimik muka yooo is hahaha :v

      Delete
  11. Bisa ya boker dalam situasi seperti itu. Kalai gue mah udah gak konsen kali ya hahha

    Jrit hantu sekolahan emang serem plus kadang suka jail, udah untung lo gak kesambet pas boker. Gak lucu pan kesurupan sambil blepotan hha

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen untuk sementara nggak bisa dulu kali yaaa, apa daya tubuhku terlalu sehat :v

      untungnya cuma sekali itu aku nemuin tuh hantu, dan cuma sekali itu pula aku boker tengah malam :v

      Delete
  12. Anjaaaayyyy, serem banget. Ini pasti gara-gara Renda janji bakal nemenin si Susi. Renda gila banget. Untung nggak diganggu yang lebih parah lagi. Kalian bener-bener gila, ekstrem banget dah. Salut buat kalian ber 4. Apalagi si Upik, dia keren banget, dengan adanya dia sebenernya malam bisa jadi tambah horor, yaitu dengan streamingan film horor. Mantep lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sialan tuh si renda :v
      buset kenapa jadi banjir pujian gini, kan aku jadi seneng.

      Delete

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

recent posts

Popular Posts

Categories

aplikasi (5) arsip (10) bandung (1) buku (2) cerpen (2) cinta (19) detective conan (1) indonesia (17) inspirasi (35) islam (7) Jakarta (6) keluarga (2) kesehatan (1) kisah (28) kuliner (6) life (57) lingkungan (2) moment (10) movie (1) opini (25) organisasi (6) puisi (11) quotes (2) random (5) review (8) sarkasme (5) saya (34) Semarang (5) sepakbola (3) sharing (9) teknik kimia (4) ungaran (1) wisata (4)

Subscribe