regenerasi semangat ala-ala demineralizer

10:17 AM

google.com

hari senin kemarin saya telah menyelesaikan salah satu bagian proses panjang menuju kelulusan. walaupun kegiatan ini sejatinya terlambat untuk dilakukan sih hehe. 
yup! senin 5 Oktober 2015, dengan semangat HUT TNI ke 70, saya resmi mendeklarasikan diri sebagai insan yang bebas praktikum tugas akhir. ALhamdulillah :).

tugas akhir yang saya ambil memakai alat yang bernama demineralized water, atau alat demineralisasi air. pada pemakaiannya alat ini berfungsi untuk proses penyerapan kandungan ion-ion mineral di dalam air dengan menggunakan resin ion exchange. penyerapan atau bisa dikatakan sebagai pertukaran ion inilah yang menjadikan jernihnya air. demineralisasi air digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, umumnya untuk industri. antara lain industri semikonduktor, industri farmasi dll, dalam skala kecil / lab  sebut saja penggunaan aquades.

saya tidak akan membahas terlalu jauh bagaimana mekanisme pertukaran di dalam alat demin. atau apa yang dimaksud kolom resin kation dan anion, atau juga bentuk variasi alat demin yang lain. karena artikel ilmiah mengenai apa dan bagaimana menyoal alat tersebut sudah banyak dan lebih terpercaya. yang akan saya bahas dalam tulisan ini adalah hubungan antara sistem regenerasi dalam alat demin dengan kehidupan.

loh kok?

jadi gini.
pada prinsipnya, alat demin menggunakan resin penukar ion untuk menagkap kandungan ion mineral di dalam air. pertukaran ion yang dilakukan terus menerus akan mengakibatkan kejenuhan dan kinerja resin menjadi tidak optimal. untuk menggunakan kembali perlu dilakukan proses regenerasi. nah, sama halnya dengan resin, aktivitas monoton yang dilakukan terus menerus akan menghasilkan tingkat kejenuhan yang tinggi. maka diperlukan adanya regenerasi atau penyegaran kembali untuk mengoptimalkan semangat beraktivitas selanjutnya.

aktivitas monoton bisa kita jumpai di mana saja, kegiatan sekolah, pekerjaan, bahkan tempat nongkrong atau makan sekalipun. berikut adalah cara meregenerasi semangatmu untuk aktivitas yang lebih baik ala demineralizer

backwash
tahapan backwash ini dilakukan dengan cara mengalirkan air berlawanan arah dari treatment yang semestinya. tujuannya adalah menghilangkan kotoran yang bisa jadi mengendap di dalam kolom. dalam kehidupan sehari-hari pun perlu adanya backwash. atau menghilangkan fikiran negatif yang mengendap di kepala. salah satu caranya adalah senantiasa mensugestikan diri dengan fikiran yang positif. hal ini penting sebagai langkah awal regenerasi selanjutnya.

injeksi regenerant
regenerant adalah senyawa yang memicu regenerasi. pada alat demin water digunakan regenerant asam sulfat atau natrium hidroksida yang telah dilarutkan dengan air bersih. sama halnya dengan alat demin water, dala beraktivitas dibutuhkan adanya pemicu semangat. injeksi regenerant ini bisa hadir dalam sosok keluarga, sahabat, lingkungan bahkan rival atau musuh sekalipun. mintalah nasihat, dan motivasi dalam segala hal. ketika segala sesuatu yang memicu itu hadir, InsyaAllah tekad akan semakin bulat, dan semangat akan semakin kuat.

mengalirkan air murni
tahapan ini adalah tahap pembilasan alat demin dengan air murni. pembilasan ini dilakukan hingga keluaran sesuai dengan yang dibutuhkan (normal). air identik dengan suatu hal yang menyejukkan. sedangkan kata murni bisa berarti tidak bercampur. suatu hal yang menyejukkan dan tidak bercampur dengan kehidupan di dunia bisa dihubungkan dengan aktivitas hubunganmu terhadap ALlah tuhan semesta alam. menjadi suatu hal yang sia-sia jika kehidupanmu hanya berkutat di dunia saja. perbanyak berdoa, dan beribadah. lakukan yang wajib, dan jalankan yang sunah. InsyaAllah kualitas hubungan yang baik dengan Allah menjadikan hidupmu penuh motivasi dan penuh semangat. 

pada akhirnya, saya berpesan terhadap diri saya sendiri, bahwa menjadi pribadi yang bersemangat adalah suatu keharusan. sehingga kualitas aktivitasmu menjadi semakin baik dan optimal. semoga segala usaha saya yang terlambat ini bisa menjadi pemacu semangat untuk terus mengejar ketertinggalan.

SEMANGKAAA, semangat kaka!



You Might Also Like

14 komentar

  1. keren bro..

    Gue juga ngerayain hut TNI dengan meriah, soalnya kemaren ada acara2 gitu, yang naynyi JUPE lagi, brrr..
    Yang di buat itu semacam pure it yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks brooo

      wah jupe emang meriah bro heheu
      nggak juga sih bro, kalo pure it kan buat air minum. kalo ini nggak. lebih ke industri aja. biasanya pabrikan air minum pakenya yang lebih kompleks bro

      Delete
  2. Gue baca berkali-kali gue gagal paham sama backwashlah, injeksilah, sedihnya :(
    Tapi gue terkesan sih sama pesan yang ditujukan buat diri sendiri tuh, gak mau kirim pesan-pesan buat buat yang baca gitu? wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ndak papa, yang harusnya sedih adalah ane kalo sama ndak pahamnya padahal ane yang kuliah hehe.

      waaah untuk mengubah dunia, ane harus mengubah diri sendiri dulu *sikap* wkwk

      Delete
  3. selamat untuk kelulusannya

    benar, saya bingung sama istilah dan penyebutan ilmiahny itu
    tapi setuju untuk sellu pikiran positif. sama emang buat motivasi ya teman dan keluarga tuh. apalagi kalau punya seseorang special lebih semangat lagi tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya saya belum lulus, ini baru tahapan sebelum lulus aja sih hehe ._.

      positive thinking emang juaralah masalah beginian hehe. ciee, ada yang spesial pasti nih :p

      Delete
  4. Ehm, gue harus mulai dari mana ya? Dari sabang dululah... "Abaikan..."

    Oke, fokus. Gue gak tau mau ngoment apa. Sempet belajar beginian, tapi....... Hanya sekedar saja. Wajarlah alunya keknya fahm bgt, inikan penelitian. Sama halnya ketika gue ngejelasin pake bahasa ilmiah gue, keknya elunya juga bakal bilang yg sama...

    Selamat atas kelulusannya. Keren juga, bisa barengan sama ultah TNI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya bang ini penelitian gitu ceritanya. happy ending lah pokoknya :D

      dan lagi lagi harus saya jelasin, saya belum lulus. baru langkah awal aja sebelum kelulusan. doanya ya bang :)

      Delete
  5. Hidup harus melawan arus gitu ya supaya yang tadinya kita menjalankan kegiatan yang terlalu monoton supaya lebih bersemangat lagi dalam menjalani hari. Iya sih. Kegiatan gue saat ini terbilang monoton. Mangkanya, gue pengen melawan arus. Tapi bingung harus mulai dari mana .__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebihnya seperti itu bro. tapi yang saya harapin fikiran yang tadinya negatif bisa di backwash menjadi yang positif positif aja. kan banyak tuh orang yang pikirannya melulu negatif, sinis sana sini, suudzon sana sini. hidup kok mendung mulu haha.

      kalo saran saya sih bro, sekali kali coba lakuin aktivitas yang jarang dilakuin. misalnya travelling, hunting kuliner, hunting foto dll. kalo bro nggak ada waktu, coba lakuin di jeda jeda waktu aja, misal baca buku, iseng iseng gambar dll.

      semangat bro

      Delete
  6. bagus nih menggunakan istilah untuk motivasi, kadang orang perlu istilah biar bisa langsung inget. Misal pas pikiran lagi ruwet, kita bisa bilang "backwash dulu ah!", trus wudhu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya mengambil hikmah dari kejadian yang pernah saya alami kaka hehe

      Delete
  7. keren juga nih menggunakan istilah dari alat untuk memacu motivasi baik untuk diri sendiri maupun ke teman lainnya. mantap bang

    ReplyDelete

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

recent posts

Popular Posts

Categories

aplikasi (5) arsip (10) bandung (1) buku (2) cerpen (2) cinta (19) detective conan (1) indonesia (17) inspirasi (35) islam (7) Jakarta (6) keluarga (2) kesehatan (1) kisah (28) kuliner (6) life (57) lingkungan (2) moment (10) movie (1) opini (25) organisasi (6) puisi (11) quotes (2) random (5) review (8) sarkasme (5) saya (34) Semarang (5) sepakbola (3) sharing (9) teknik kimia (4) ungaran (1) wisata (4)

Subscribe