Ruang Moment : Reuni Akbar PAT - FNGT - D3 Teknik Kimia UNDIP

9:45 AM


dua belas Oktober 2 tahun yang lalu, Himatemia Beraksi berhasil menyelenggarakan salah satu proker besarnya yaitu Reuni Akbar. Reuni Akbar merupakan acara rutin 5 tahun sekali, dan pada tahun itu adalah tahun keduanya. acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama alumni d3 teknik kimia Universitas Diponegoro yang sudah tersebar ke seluruh Indonesia. dengan bertajuk " Jalin Silaturahmi, Menginspirasi " acara tahun itu juga memiliki harapan untuk dapat menginspirasi alumni - alumni muda terhadap alumni - alumni yang telah sukses sebelumnya.

.....

ketika ditanya, "Selama 2 tahun mengabdi di Himatemia, apa kepanitiaan yang menurutmu paling berkesan?" maka saya akan menjawab Reuni Akbar

kenapa?

begini ceritanya

seperti yang sudah dijelaskan di paragraf pembuka di atas, Reuni akbar merupakan salah satu proker dari 3 proker besar. diantaranya adalah reuni akbar, rakorda BKKMTKI daerah 3 (rapat koordinasi daerah badan koordinasi kegiatan mahasiswa teknik kimia daerah jateng DIY), dan Seminar nasional. oleh sebab itu, untuk mempermudah koordinasi, dibentuk tim untuk bertanggung jawab atas tiap tiap proker besar. dengan pembagian tim tersebut, Reuni Akbar dipegang oleh departemen Kesma dan Kominfo.

kesejahteraan mahasiswa
komunikasi dan informasi

seperti halnya kurcaci yang merindukan bulan. memegang proker besar adalah hal yang sangat jarang bagi departemen kesma ( departemen yang saya ikuti ), apalagi kominfo, yang notabene adalah departemen baru kala itu. tetapi semangat kami bukannya surut, malah semakin berapi - api. kami optimis dapat melaksanakan proker tersebut dengan sebaik baiknya.

Reuni akbar di ketuai oleh mas adji  dan dibantu oleh fitri . masing masing mewakili departemen kominfo dan kesma. saya sendiri bertugas sebagai salah satu staff sie acara.

sebelum masuk ke permasalahan teknis, hal pertama yang harus dilakukan adalah membahas konsep. konsep memiliki arti penting dalam sebuah acara, ibarat perjalanan, konsep adalah peta yang tanpa keberadaannya kita bisa buta arah. konsep acara sendiri dibahas oleh sie acara dan ditentukan oleh kesepakatan bersama. dalam penentuan konsep, tak ayal banyak terjadi perselisihan. masing masing orang memiliki ide yang baik dan bagus untuk dikembangkan.

setelah merundingkan beberapa hari, mengenai baik dan buruknya beberapa konsep. maka diputuskan konsep yang akan dipakai adalah "vintage party". kami memakai ballroom sebuah hotel, yang akan dihias bertemakan vintage, dengan kostum panitia yang vintage pula. beberapa round table, hidangan, kemudian hiburan.

konsep beres.

permasalahan berikutnya yang terjadi adalah mengenai dana dan peserta. berdasarkan perhitungan kasar yang telah dibuat oleh bendahara, dana yang kami butuhkan terlalu membengkak. dana itu dialokasikan untuk sewa balroom, hiburan, dekorasi, perlengkapan dll. sedangkan peserta, kami kerepotan untuk menghubungi dan mengkonfirmasi kedatangan. data kontak yang kami punya terbilang sedikit dan sudah banyak yang tidak valid. (permasalahan ini nantinya akan menjadi gagasan di tengah acara )

kami tidak kehilangan akal, segera kami mengadakan rapat besar. dalam rapat tersebut, tim komunikasi dibentuk. tim ini bertujuan untuk gencar menginfokan agenda acara di mailing list grup alumni, dan grup facebook alumni. sedangkan untuk permasalahan dana, kami meminta saran terhadap salah satu dosen senior. dosen tersebut dengan senang hati membantu, bahkan malah memberikan beberapa daftar kontak alumni alumni pertama jurusan kami.

solusi dan solusi yang kami jalankan ternyata tidak banyak membuahkan hasil. alumni masih belum pasti mengkonfirmasi kedatangan, dan dana pun tidak kunjung datang. kami dilema, antara membubarkan kepanitiaan, atau lanjut dengan kerugian. bisa saja mas adji sebagai ketua menjual motor untuk membiayai acara, tapi masak iya sih, harus sampai seperti itu?

akhirnya, beberapa pekan sebelum acara, ide gila dicetuskan. kami membentuk tim lagi, yang pertama adalah tim komunikasi jilid 2, dan yang kedua adalah tim penyebar berita. tim komunikasi jilid 2 bertugas menelepon satu persatu semua alumni tiap malam tanpa terkecuali. daftar kontak alumni dari angkatan 70an kami dapatkan dari dosen senior. sedangkan tim penyebar berita berusaha mencari dana dan dukungan dengan mengadakan suatu perjalanan menyebar ke berbagai area di pulau jawa ( cilacap, cikampek, karawang, purwakarta, tuban, jakarta, surabaya, dan sekitar semarang ). 

dengan usaha yang gigih, pengorbanan waktu, dana juga emosi. Alhamdulillah kabar dukungan perlahan demi perlahan mengalir. respon positif alumni muda dan alumni senior semakin banyak. bahkan banyak diantaranya juga yang memberikan donasi untuk terselenggaranya acara reuni akbar. 

hingga akhirnya 12 oktober, sesuai waktu yang telah ditentukan. reuni akbar berhasil dilaksanakan :")



kiri: fitri kanan: mas adji
acara dimulai selepas maghrib, dan dibuka dengan tari saman jurusan. jumlah alumni yang datang memang tidak sesuai target, tetapi cukup memuaskan. pak narno sebagai ketua ikatan alumni dengan antusias memberikan sambutan, beliau sungguh mengapresiasi segala usaha yang telah kami lakukan. dosen - dosen pun tak kalah gembira. mereka senang bisa bertemu kembali dengan anak didiknya yang sudah sukses dan bersahaja. mulai dari bekerja di usaha negara, sebagai wirausaha, bekerja di luar negeri dll. 

saman detik!
di tengah acara, diadakan rembug alumni. disini dicetuskan untuk pengadaan kartu tanda alumni (berhubung alumni d3 tidak begitu diakui di undip). kartu ini sebagai identitas diri sebagai alumni, dilengkapi dengan foto dan tahun angkatan. dicetuskan pula ketua - ketua sub daerah, sehingga apabila akan diadakan reuni kembali, panitia tidak repot untuk menghubungi. 

pak ketua, dimakan dulu gih makanannya :p
selain saman, sebelum ditutup acara dihadirkan pentas drama dan tari. nih penampakannya.



dan yang terakhir, sebagai penutup acara. kami menerbangkan puluhan lentera di langit malam semarang. awesome! (ohya fotonya nggak ada, kita terlalu terpana )

nih sebagai gantinya, suasana malam hari di beranda. cantik kan? :)
itulah sekilas cerita, moment tak terlupakan reuni akbar 2013. acara ini tak lepas dari dukungan segala pihak. semangat panitia yang tidak pantang menyerah, dan restu dari Allah SWT. semoga acara ini dapat bermanfaat dan rutin diadakan kedepannya.

salam sapa, panitia! :D :D




You Might Also Like

28 komentar

  1. Wah....seru banget tuh reuni...
    gue aja mau ngumpulin temen2 pada susah....
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kan saya panitia bro. yang ngerasain seru peserta lah~

      Delete
  2. ngga pernah kuliah.. jadi ngga begitu paham sama hal2 seperti ini.. yang gue tau cuma ngumpulin anak2 alumni SMA buat reuni buka bersama :v haha

    tapi dengan baca ini.. gue jdi tau betapa terorginir dan tertata begitu rapih sekali buat ngadain suatu acara.. ilmu nih.. lumayan... acaranya jadi akbar dan seru.. bagusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerja bang?

      hehe Alhamdulillah kalo bisa bermanfaat :)

      Delete
  3. Seru banget acaranya, tapi ya dibalik keseruan itu pasti ada panitia yang udah bekerja keras ngumpulin alumni-alumni dan panitia yang ngurus lain-lain hal.. salut deh, meskipun sempet buntu kekurangan dana dan belum ada konfirmasi alumni awalnya. tapi acaranya tetep berjalan dengan lancar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah seruuuuu :D

      capek tapi ada rasa puasnya gitu deh hehe

      Delete
  4. Wah pasti sibuk banget yah, ngurusin alumni yang menyebar di seluruh Indonesia. Untungnya acara itu berjalan lancar.

    Kasian juga kalo emang mesti jual motor buat nutupin dana, kalo acara kayak gini sumber dananya kalo boleh tau dari mana sih?
    Tapi lucu sih pengalaman 2 tahun yang lalu baru ditulis sekarang hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, semua kesibukan dan rasa capek bisa ditutupin dengan rasa puas akan keberhasilannya :)

      dana kebetulan kami dapatkan dari fakultas, jurusan, dan program. sedangkan dana utama kebanyakan dari donasi alumni serta uang kas himpunan
      hehe ceritanya nginget nginget gitu brooo :D

      Delete
  5. woww, jadi keinget masa-masa waktu di himpunan..
    emang untuk ngadain sebuah acara besar itu banyak banget waktu yang kepake, bahkan untuk pesertanya aja bisa dibilang cukup susah untuk didatengin. Kalo ini reuni akbar gue rasa pesertanya juga ada antusiasnya, trus berita mulut ke mulut juga dapet banget.

    Soal konsepnya gue agak belum ngerti, kenapa kok "vintage party" ?
    itu mas adji pinter banget ngebangun panitianya, sampe nyetusin mau jual motor!

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu himpunan di mana bang usop?
      masalahnya nggak gitu bro, ini alumninya udah tua tua gitu deeeh maka buat antusias itu kecil banget. gitu bro.

      jadi gini loh mas usop, kenapa kita memilih vintage party. itu karena biar bisa menarik minat alumni alumni yang sudah lanjut usia. kebetulan alumni yang tahun 70 an gitu pengen banget bisa mengingat masa masa di kampus dulu. nah vintage party lah yang dipilih. sebelumnya juga sudah dikoordinasikan dengan wakil ketua ikatan alumni hehe

      bukan ngebangun, tapi berefek gitu deh secara nggak sengaja. emang dari awal panitiannya emang sudah pada putus asa gitu

      Delete
  6. Seru ya kalau ikutan acara akbar begitu. Pasti seru bisa jadi panitia. Rasanya bangga. Aku pernah deh ikut kepanitian acara reuni meski ga besar tapi ada kebanggaan tersendiri. *lah jadi curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bangga pasti iya sih. tapi kepuasan atas suksesnya acara melebihi dari suatu kebanggaan

      Delete
  7. gue buru-buru mau reuni, kuliah aja belom kelar. nikmat bgt ya keknya alo kuliah udah lulus. gue kapan gitunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat bro ane juga belum kelar nih hahaha. semoga bisa cepet kelar insyaAllah

      Delete
  8. vintage memang keren men... asal jangan bikin party aje konsepnya :")
    hmm.. gue tahun depan jadi maba. ini udah reuni aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya men, keren men. duh gimana ya. ini party gitu deh men. gimana dong men

      Delete
  9. saya kagum sama panitianya. kekeh banget tuh buat acara, penuh semangat walau diawal udah ngerasa akan merugi tapi tetap aja di jalanin. keren , ngumpulin informasi dan saling sebar informasi terus nyari dana. itu acaranya juga sukses tuh

    semoga saja alumniku juga bisa ngadain reuni akbar. soalnya SMA ku itu bentuknya yayasan. dari sd, smp sampe sma dan smk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kekeh bro, soalnya ini acara harga mati. kan diadain 5 tahun sekali gitu deh haha.

      aamiin bro

      Delete
  10. Alhamdulillah berarti sukses yaa... Ngumpulin para alumni is so hard. Good job! Asyiknya kumpul-kumpul :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah iya sukses hehe, walaupun nggak sesuai target sih. tapi memuaskan

      Delete
  11. Mau acara apa dan di manapun, gur selalu aja salut sama panitia. Ya, soalnya gak akan jadi acara serapi itu, kalo panitiannya gak serius.

    Ini sebenarnya sebuah kebanggan bisa mengumpulkan alumni gitu, keren, deh. Selamat atas keberhasilanmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan Mau acara apa dan di manapun, saya selalu aja salut sama makanannya hahaha.

      rasa puas melebihi rasa bangga bang. Alhamdulillah. terimakasih pangeran :)

      Delete
  12. Wih anak undip ya? Deket dong sama rumah saya. Haha

    Btw, bener kata pangeran. Keren banget bisa ngumpulin alumnus-alumnus gitu. Saya aja ngumpulin temen smp aja susahnya kaya nyari semut warna kunig dilumpur. Hwehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumahnya dimana bro? banyumanik??

      semangat belajar, saya juga masih belajar kok hehe

      Delete
  13. ikut kegiatan reuni gini pasti enak banget. pasti. tapi, yg bakalan kebingungan ya itu, panitianya. terlebih dalam komunikasi. soalnya udah bnyak yg ganti nomer baru. mngkin mau move on dari mantannya dulu. tapi gue ga tau juga sih.

    berasa bget sih perjuangannya, dan untungnya pak ketua nya ga ampe jual motor kan? buseeet. boleh aja sih berkorban, tapi jgan jd korban juga. sedih amat klo ampe jual motor buat nge danain ini smua.
    padahal gue mau liat yg lentera diterbangin gtu. unyu'' gimanaaa gtu,hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro agak repot pas jadi panitia. tapi ya mau gimana lagi hehe. lain kali juga bisa kok jadi peserta :)

      gajadiiiii, buset parah sih kalo jadi haha. cuman sekarang jadi bahan candaan aja ke pak ketu "kapan jual motor" haha

      Delete
  14. Ada contact ketua kesma g y mas. Kalo ada tolong email ke fajarkholistiono@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk yang sekarang sepertinya sedang reor, makanya sedang terjadi kekosongan hehe. kalau mau bisa kontak langsung ke himatemia.undip.ac.id trims :)

      Delete

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

recent posts

Popular Posts

Categories

aplikasi (5) arsip (10) bandung (1) buku (2) cerpen (2) cinta (20) detective conan (1) indonesia (17) inspirasi (35) islam (7) Jakarta (6) keluarga (2) kesehatan (1) kisah (29) kuliner (6) life (58) lingkungan (2) moment (10) movie (1) opini (25) organisasi (6) puisi (11) quotes (2) random (5) review (8) sarkasme (5) saya (34) Semarang (5) sepakbola (3) sharing (9) teknik kimia (4) ungaran (1) wisata (4)

Subscribe