speak up!

9:16 PM

hari ini saya diberi kesempatan untuk mengisi sebuah acara di kampus. Acara yang rutin diadakan tiap tahunnya sebagai pelatihan mahasiswa baru ini, adalah sebuah pelatihan bertajuk " Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Pra Dasar (LKMM PD) 2015". pelatihan ini wajib dilalui mahasiswa baru di Universitas Diponegoro. sesuai dengan namanya yaitu pra dasar, otomatis pelatihan ini memiliki episode lanjutan. re: Dasar, Madya, Nasional. tetapi berbeda dengan pendahulunya yaitu PraDasar, episode lanjutannya adalah opsional. peserta boleh memilih untuk melanjutkan ataupun tidak.

Pelatihan Pra Dasar pada umumnya dilaksanakan selama 2 haru di hari sabtu - minggu. karena di hari - hari tersebut, perkuliahan diliburkan. kenapa harus dilaksanakan selama 2 hari? jawabannya adalah dikarenakan oleh padatnya materi yang harus disampaikan. sebanyak kurang lebih 10 materi seputar pengembangan diri mahasiswa baru akan disampaikan dengan pembicara yang berbeda - beda. hari ini kebetulan saya di amanahi untuk mengisi materi seputar teknik sidang.

area pelatihan, saya di depan dengan kemeja merah

menjadi pemateri bukanlah pengalaman pertama yang saya lakukan. setahun yang lalu, dalam acara yang sama sayapun pernah mengisi salah satu materi. yaitu motivation training. tetapi pengalaman tahun lalu memiliki kesan yang berbeda dengan hari ini. tahun lalu, saya hanya menjadi pengganti dadakan oleh sebab pemateri yang sesungguhnya berhalangan hadir. sedangkan tahun ini saya benar benar resmi diundang oleh panitia.

singkat cerita, jauh-jauh hari sebelumnya panitia meminta saya lewat pesan singkat. saya yang notabene menyukai tantangan baru, menerima permintaan itu dengan senang hati. dalam pesan singkat tersebut, saya diminta untuk menyampaikan materi seputar teknik sidang. bukan, bukan sidang kelulusan. tetapi teknik sidang dalam organisasi. materi ini adalah materi penutup dari serangkaian 10 materi.

saya pun memutuskan untuk berlatih berbicara sendiri. tujuannya tak lain dan tak bukan adalah melemaskan otot - otot lidah yang sudah lama tidak diajak ngomong di depan. setiap hari setiap waktu saya berlatih, di depan cermin saya berlatih, di perjalanan berangkat dan pulang kuliah saya berlatih, bahkan di kamar mandi pun saya berlatih. saya sama sekali tidak menginginkan kesalahan fatal saat berbicara di depan audience nantinya.

peserta LKMM siap menerima materi
hari acara dimulai, saya mengisi jam 10 pagi. berbeda dengan materi sebelumnya yang hanya berdurasi 1 jam sampai 1,5 jam saja. materi yang saya bawa memakan waktu kurang lebih 3 - 4 jam. hal ini dikarenakan harus diadakannya simulasi teknik sidang di akhir materi. walhasil, acara baru selesai jam 3 sore karena dipotong ishoma satu jam lamanya.

dalam materi yang saya bawakan, saya berusaha membawa suasana se santai mungkin. sesuai pengalaman tahun tahun yang lalu, saya yakin materi yang cukup berat ini akan membuat peserta mengantuk. dengan membawa suasana yang cukup santai, harapannya peserta bisa lebih fokus dan hilang rasa kantuknya. Alhamdulillah, cara yang saya bawa menuai hasil, hingga di akhir sesi materi banyak peserta yang tunjuk tangan untuk mengajukan pertanyaan.

sesi simulasi diadakan setelah ishoma. simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta akan teknik sidang. kursi kursi yang renggang dirapatkan, meja presidium disediakan, palu sidang diletakkan, dan draft sidang dilampirkan. its show time! simulasi sidang!

penyerahan kenang - kenangan oleh ketua panitia
singkat cerita, simulasi sidang berakhir dengan baik. akhir skenario yang dibuat telah tercapai. simulasi sidang sukses!. sayapun menutup acara dengan menanyakan kesan dan pesan ke seluruh peserta. Alhamdulillah respon dari peserta sungguh antusias, dan saya merasa berhasil membawa acara ini sesuai jalur.

pengalaman mengisi acara ini menjadikan pengalaman yang tidak terlupakan. rasa grogi sewaktu di depan banyak orang seakan memberi sensasi nagih. pengen lagi dan lagi. semoga ilmu yang saya sampaikan hari ini dapat bermanfaat untuk peserta, dan semoga kedepannya saya bisa dan mampu berbagi ilmu kembali dengan waktu dan tempat yang berbeda.

terimakasih :)

You Might Also Like

36 komentar

  1. Wah... hebat, Mas....
    saya juga pengen jadi enterpreneur gitu...
    motivator, seminar psikologi....
    hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mas dalam meraih cita cita. semoga apa yang bernilai kebaikan bisa berbuah kebaikan pula untuk mas dan lingkungan sekitar mas hehe.

      Delete
  2. wahhh sukses lancar jayaa...
    kerenn...

    tapi foto lukisannya kok ga ada mirip2 nya sih sama kamu? lebih tembem d foto. apa diet??
    oya sidang dalam organisasi itu kek gmn maksudnya?

    apakah kayak sidang pemilihan ketua BEM gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terimakasih :)

      iyaaaaa, haha waktu itu ceritanya kan disuruh kirim foto. berhubung foto terbaru ndak ada saya kirim foto jaman maba. waktu itu masih gendut hehe

      sidang organisasi itu bertujuan untuk menentukan AD/ART dll. pemilihan ketua BEM juga bisa dikategorikan persidangan, tapi sekarang sekarang ini lebih sering dilakukan dengan jalan musyawarah.

      Delete
  3. amin semoga bermanfaat mas

    saya pastinya tegang itu klau ngobrol dan bcara di depan orang banyak. maklum pendiam
    masnya keren lah. apalagi tahun sebelumnya juga udah jadi pemateri untuk acara yang sama

    dengan acara ini berarti masnya dikenal sama mahasiswa baru dong. moga materinya nyerap dalam otak dan jadi pembelajaran dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, insyaAllah :). makasih bro

      sayapun yang udah pernah aja masih tegang kok, dan saya jamin orang yang sudah berkali kali juga masih tegang hehe.

      dikenal maba mah bonus :p. lagian udah nyebar cp, tinggal nunggu sms aja haha :p

      Delete
  4. Wah pasti keren ya bisa berdiri di depan umum dan jadi pemateri. Aku aja ogah kalo disuruh begituan. Unik juga ya grogi malah jadi sensasi lagi dan lagi.

    Sidang organisasi, baru tau setelah baca istilah ini. Haha, nambah istilah baru lagi di bidang kuliah. Semoga ilmu yang disampaikan tadi bermanfaat untuk semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain aja bro. public speaking sebagai bekal masa depan juga hehe.

      yoih, sidang organisasi rutin loh dilaksanain oleh mahasiswa hehe

      Delete
  5. Waah salut dengan orang orang sepertu ini..semoga kelak berdiri depan para aparat negara menjadi pemateri yg dirindukan..hhehe


    Lucu ngebayangin adik ngomong sendiri didddpan cermin..tp emang harus gitu...
    Kalau saya biasanya ngomong depan bantal guling yg saya buat seperti orang lagi duduk hha... dan mulailah saya berbicara.

    Sukses yaa dek Helja

    ReplyDelete
    Replies
    1. salut juga dengan mbak muthmainah hehe, aamiin.

      untung nggak ada yang ngeliat ya, bayangin aja ada orang yang ngomong sendiri gitu haha.

      aamiin makasih mbak :)

      Delete
  6. Aciye.... Yang jadi senior pemateri... Ciye..... Hatinya lupa dikasi materi... Hahahaha

    Emang sih, untuk bisa belajar ngomong depan orang banyak, gue selalu ngomong depan cermin juga, bukan gila atau gimana. Tapi supaya PD aja.

    Sukses ya buat acanya... Ya, meskipun acara pengehargannya gak semirip aslinya... Jangan² kalian lelaki yg tertukar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati adek emang butuh materi bang :"D

      iya bang, itu merupakan salah satu tips turun menurun semenjak jaman ditemukannya cermin.

      haha itu foto saya waktu masih gendut bang, btw trims :)

      Delete
  7. Eh ini UNDIP Semarang ya?
    Gue juga dulu di Semarang sih, di IKIP.. sekarang jadi UPGRIS :D

    btw, keren nih ngisi acara begituan... gue mah cuma peserta aja dari TD-TM sampe TL :D
    kalo di tempat gue sertifikatnya buat syarat masuk BEM FAK, DPM sampai BEM UNIV.

    Bawain materi teknik sidang buat bekal ikutan mubes, konferensi sampai kongres biasanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoih bro undip semarang.
      bang edotz sih sekarang kerjanya jadi guru?

      Alhamdulillah bang, ya kurang lebih sama lah cuman beda istilahnya hehe.

      Delete
  8. wuihh, ketje, udah jadi pengisi acara aja. jadi mempelai prianya kapan ? *lah tiba2 nyambung kesana*

    ReplyDelete
  9. Wuih, sama kayak zaman aku dulu, hahaha.. Tapi sekarang udah alih profesi sih :( Seru, ya, semoga sukses dan berkah ilmu yang dibagikan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ya? haha :D

      kalo boleh tahu sekarang profesi apa sist?
      insyaAllah aamiin

      Delete
  10. Waaaahhhh gitu emang serunya jadi pemateri... saya juga kalo diminta jadi pemateri pasti malam-malam sebelumnya langsung ngomong sendiri depan cermin meskipun peserta ada beberapa kali anak SMA. Tapi memang komunikasi itu penting, makanya perlu latihan, dan bisa jadi pengalaman berharga...

    kenang-kenangannya lucu itu yang dipoto... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini calon orang sukses nih haha :D sudah berkali kali lho hehe. keren.

      haha itu ceritanya waktu masih gendut kak. duh jadi malu

      Delete
    2. Aamiin... semoga yang menulis dan pembacanya jadi orang sukses semua...

      :D

      Delete
  11. Wow, keren banget nih bisa jadi pemateri...
    biasanya ga sembarang org bisa jadi pemateri... berarti masbro adalah,
    org dgn rekam jejak yg luar biasa... kayaknya saya bisa belajar nih dari masbro, hehe...
    waduh, kalau saya maju kedepan bawa materi kek gitu... mungkin saya ga sanggup kali ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bro, aamiin aamiin semoga segala kebaikan berbalik lagi kebaikan gitu toh bro.
      ayuk belajar bareng bareng :)

      Delete
  12. Sketsanya lebih keliatan ndut ya daripada aslibya hihihi
    Keren lho km dah bsa jadi pembicara gt. Gak masalah grogi, lagian penting bgt awalnya km udah latihan dulu biar lancar bicaranya.
    Alhmdlh akhirnya sesi tsb berhasil, byk yg nanya. Itu artinya mereka antusias sama km ;) good luck

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa emang itu sketsa pas masih gendut, 3 tahun yang lalu hehe.
      terimakasih ya :)

      Delete
  13. Keren nih jadi pemateri, hehe ky nya klo jd trainer cocok nih km bro. Hehe.. Klo ada pelatihan trainer bersertifikat ikutan aja, bagus buat upgrade kemampuan berbicara dan bkal sering dipanggil buat ngisi acara :D

    Lumayan loh bs jd penghasilan utama, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah sa ae bro haha. masih newbie banget nih haha.
      belajar dulu bro dikit dikit hehe

      Delete
  14. gue rasa lo jadi the next 'salam super' nih hahaha
    gue belum pernah bicara di dpan umum kayak gitu. rasanya grogi kali yah. gue pernah ngajar doang di depan murid, itu ajah gue grogi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh masih jauh banget bro kalo dibandingin sama si om salam super hehe

      iya bro, grogi sangat. sangat grogi. banyak berlatih aja bro, insyaALlah semakin beradaptasi

      Delete
  15. Keren Okky udah jadi pemateri it means kamu udah dianggep lebih dri temen temen yg lainn. Hehehe tapi itu gambarnya gemukan yaahh dri aslinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, masih harus banyak belajar ini hehe.

      iyaaa itu ceritanya aku ngirim foto contoh pas lagi gemukan :")

      Delete
  16. Wah keren banget. Bisa jadi pemateri teknik sidang. Untung bukan sidang tilang. Hehehe. :)

    Sketsa wajahnya juga bagus. Semangat terus ya broooo. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sidang tilang :"

      haha, padahal nggak mirip ya.

      makasih broooooow

      Delete
  17. Hmmm kalau buat ngomong ajah sih masih cukup nggak masalah, yang terkadang bikin jadi masalah itu ketika ada pertanyaan sedangkan kita belum menar benar menguasai materinya. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah makanya sebelum mengisi materi kita pelajari dulu bener bener bro hehe

      Delete

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

recent posts

Popular Posts

Categories

aplikasi (5) arsip (10) bandung (1) buku (2) cerpen (2) cinta (19) detective conan (1) indonesia (17) inspirasi (35) islam (7) Jakarta (6) keluarga (2) kesehatan (1) kisah (28) kuliner (6) life (57) lingkungan (2) moment (10) movie (1) opini (25) organisasi (6) puisi (11) quotes (2) random (5) review (8) sarkasme (5) saya (34) Semarang (5) sepakbola (3) sharing (9) teknik kimia (4) ungaran (1) wisata (4)

Subscribe