Posts

Showing posts from January, 2016

konten baru

Image
halooooooow, mau woro - woro aja. insyaAllah okkyoctora.com akan ada konten baru hehe. Konten ini lebih ke desakan pribadi sih. Saya mau share berbagai macam info menyoal manga kesayangan saya, yaitu detective conan. Konten ini random kok, bisa jadi bahas tokoh, jalan cerita dan lainnya. suka - suka lah. namanya juga blog saya hehe. tapi juga tidak menutup diskusi ke sesama penggemar, siapa tahu saya khilaf dan ada kesalahan saat memberi informasi melalui tulisan. rencana sih, kontennya bisa terbit tiap minggu. tapi nggak tahu juga deng, tergantung mood. Tapi diusahakan kok. random aja ya harinya hehe.

okeee, kurang lebih gitu aja. kalau semisal ada perubahan saya akan ngasih tahu di tulisan ini. makasih salam hangat :).

dear mamah puan, jangan mau jadi ndeso

Image
Selamat siang menjelang sore mamah. Bagaimana kabar mamah hari ini? semoga mamah selalu diiringi keberkahan dari Tuhan yang maha pemberi berkah. Sudah makan siang mah? kalau belum mbok ya ngaso dulu cari makan. Saya yakin mah, di tempat mamah sekarang ini, dalam radius yang nggak jauh - jauh banget, pasti ada ibu - ibu warteg yang dengan senang hati melayani mamah menyoal urusan perut. Atau kalau semisal hari ini mamah sedang dinas ke kota Semarang, saya bersedia kok nganter mamah ke rumah makan terbaik di kota lunpia ini.

Saya tahu mah, sekarang mamah sedang menjalankan program diet ketat ala - ala pak wied hary yang nongol tiap sore di trans tv, tapi ya harusnya sadar diri gitu lho mah, beliaunya udah habis kontrak kok. Bukannya saya lancang menggurui, karena saya juga nggak punya titel sarjana guru. Cuman saya mau berpesan aja ke mamah sebagai fans berat sejak dulu. Mamah itu asli lo udah langsing, seksi, imut - imut gitu persis cherrybelle tanpa harus repot - repot diet ketat apa…

Jangan takut repot di jalan

Image
Jalanan bagi saya sudah menjadi sebagian dari hidup. Maksud saya gini, banyak waktu saya yang secara langsung saya habiskan hanya berada di jalanan. Mau ke kampus lewat jalanan, mau ke mall lewat jalanan, dan perlu kalian tahu, mau ke rumah calon mertua (?) juga lewat jalanan lho. Pokoknya kemanapun destinasinya deh. Apalagi kalau jaraknya jauh, sejauh jodoh yang tak kunjung datang (gimana mau ke rumah camer kalau jodohpun belum ada, pfffttt), sopasti mau nggak mau saya harus pakai alat transportasi dong. Entah itu motor, mobil, atau kendaraan umum lainnya.

Setiap hari berada di jalanan dan juga kemacetan yang sama, membuat sebagian kehidupan saya yang suci dan bersih ini tercemar polusi. Kalau dihitung - hitung nih ya, kurang lebih saya menghabiskan sekitar 3 jam di jalanan. Bila diakumulasikan lagi bisa menjadi 90 jam perbulan atau 1080 jam pertahun. dan masih banyak jam lagi kalau dihitung mulai dari awal saya mentas ke jalanan sampai sekarang.

Nah, sebagai seorang warga, yang den…

membudaya melalui peran orang tua

Image
Hari kamis mendadak menjadi hari yang cukup sakral bagi saya. Bukan, bukan karena malamnya adalah malam jumat, dan saya harus tahlil tengah malam di depan kuburan kramat. atau segala macam urusan hal gaib sejenisnya, bukan seperti itu. Karena bagi saya, lebih penting mengurusi tetek bengek urusan duniawi perkuliahan di hari kamis, daripada semacam hal - hal mistis yang meragukan. Lagipula hal duniawi yang saya maksud ini beraroma surgawi kok, karena menuntut ilmu salah satu bentuk dari jihad, kan?

Kamis adalah garis mati bagi segala macam revisi, temen - temen saya sih biasa menyebutnya deadline. Biasanya dosen pembimbing saya akan menagih revisi tugas akhir di hari kamis, karena jumat beliau meliburkan diri. Jadi jangan heran kalau saya beranggapan kamis pagi lebih horror dari malam jumat.

Dan hari itu, sama seperti hari pada pekan - pekan sebelumnya, saya menunggu kedatangan bapak dosen sambil sesekali tertidur di gazebo kampus. Ada yang aneh, karena sampai azan zuhur berkumandang, si…

belajar konsisten dengan goodreads

Image
Awal tahun adalah awal untuk perubahan. Begitupula dengan saya, yang berniat untuk mengawali tahun 2016 ini dengan tekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Pada prinsipnya, Jangankan pergantian tahun, pergantian waktu sekecil apapun harus kita upayakan untuk terus berubah menjadi yang lebih baik. Hal ini pernah saya bahas di tulisan sebelumnya : resolusi 2016

Awal mengenal goodreads adalah ketika saya iseng scroll timeline di twitter. Pada saat itu ada seorang penulis yang saya follow berkicau tentang kebiasaannya membaca, juga tekad seberapa banyak buku yang akan dia baca di tahun 2016 ini. Kicauan itu menarik, terlebih bagi saya yang juga merupakan pecinta buku (walaupun masih newbie).

Karena kepo, saya baca lebih lanjut timelinenya. Dia menceritakan, walaupun sebagai seorang penulis, terkadang masih saja suka malas untuk membaca buku. Padahal kebiasaan membaca buku adalah kegiatan yang wajib untuk menunjang pekerjaannya, terlebih dia merupakan full-time writer. Lalu kemudian d…

Empat sehat, Lima Organisasi

Image
Tulisan ini bermula dari sebuah link yang saya bagikan di facebook.



Di halaman web tersebut, sang penulis mencoba beropini bahwa seorang aktivis mahasiswa memiliki kelebihan dibanding mahasiswa yang hanya mengedepankan masalah akademis saja. Beberapa poin kelebihan, penulis jelaskan dengan baik tentu saja hal itu berdasarkan pengalaman yang telah penulis alami di kehidupan kampusnya. Saya setuju, dan sebagai orang yang satu ikatan pendapat dengan penulis, maka saya share. temen - temen bisa membacanya di sini.

Selang kurang lebih satu jam kemudian, notif facebook mulai bermunculan. Beberapa teman yang pro hanya meninggalkan jejak berupa like ataupun share. Hal itu wajar saja karena mereka adalah bagian dari golongan orang - orang yang aktif berorganisasi, baik dalam kampus, ataupun luar kampus.

Namun yang menarik ada pula yang kurang sepakat dengan apa yang saya bagikan. Baginya, tulisan yang saya bagikan hanya menyebarkan virus pesimistis untuk golongan non-aktif organisasi. Walaupun…

terima kasih sherlock holmes

Image
Alkisah, hiduplah seorang pria yang teramat sangat jenius. Hobinya ngudut pake pipa, mainannya biola dan alat - alat kimia. Katanya, menurut rumor yang terdengar, pria nyentrik ini bisa berbagai macam beladiri, mulai dari judo, karate, wing chun, hingga beladiri aneh macam krav maga. andai saja uangnya berlimpah tentu saja dia sudah alih profesi menjadi batman si manusia kelelawar. Tetapi tidak, alih alih menjadi batman, ia malah memilih profesi macam detektif swasta, yaitu detektif yang tidak terikat oleh negara.
Namanya adalah sherlock holmes, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ia seorang detektif swasta. jangan salah sangka, statusnya yang swasta itu bukan karena nggak lolos seleksi akpol alias akademi polisi, sekali lagi bukan. justru andai saja ia ngelamar, sudah dipastikan ia bakal diterima. ia menjadi swasta karena sifatnya yang nyentrik itu, yang kalau diajuin kasus remeh temeh macam remukan roti sudah pasti akan ditolak. kasusnya itu harus yang berbobot, njengkelin, dan …

evolusi goa kreo

Image
"Loh! kok hilang?". Sunan Kalijaga bertanya kepada dirinya sendiri. jelas saja, pohon kayu jati yang ingin ditebangnya guna dijadikan sebagai saka ( tiang penyangga ) bakal masjid Demak, hilang begitu saja. Sunan Kalijaga tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut, toh hal mistis dan gaib memang sedang menjadi hits di jamannya, kala itu. Hanya saja, kali ini Sunan harus berjalan lagi mencari pohon jati kualitas bagus lainnya. Sebelum pergi tak lupa Sunan menamai daerah itu sebagai Jatingaleh ( jati yang berpindah ).

Perjalanan sang Sunan berlanjut, dalam perjalanan tak lupa Sunan Kalijaga senantiasa berdoa agar diberi kemudahan oleh yang Maha Kuasa. Berbeda dengan saya, yang hanya berdoa kalau ada maunya (semoga berubah ya Allah.. hiks). Kali ini sampailah beliau di sebuah hutan. Di hutan tersebut tumbuh sebatang pohon jati yang sangat besar, tentu kualitasnya tidak lagi diragukan. andai saja waktu itu ada seorang ahli per-kayuan pasti udah bilang yes 3x. yes, yes, yes. sk…

Berenang di gunung batu

Image
kami berempat adalah bagian dari sisa janji yang terucap semalam. enggan untuk menelan pil pahit, kami bertekad untuk segera melaksanakan janji tersebut. sehari sebelumnya, kami saling kontak via bbm. dari percakapan yang telah kami jalin (cie.. jalin), kami sepakat untuk berenang di akhir tahun 2015 ini, sekalian refreshing di tengah - tengah padatnya ujian akhir semester. dan siapa tahu dosa kami selama setahun terbuang hanyut di kolam nanti (waduh, bercanda. belum siap dicekal FPI :p)

lokasi yang akan kami tuju adalah area wisata watu gunung, ungaran. sengaja kami memilih lokasi jarak dekat karena sayang bensin. (lagipula harga bensin baru turun awal tahun hehehe..). tempat ini jauh - jauh hari telah kami googling lokasi dan keberadaannya, takutnya sih hanya mitos gambar saja. tahu kan maksud saya? dari gambarnya terlihat bagus, tapi setelah di kunjungi berbanding terbalik 180 derajat. kan rugiiii. rugi di bensin. setelah benar - benar pasti dan yakin, maka kami menetapkan tujuan …