tahap seleksi indonesia power 2016

5:11 PM


Hai, bagi para pembaca tulisan ini. karena kolom komentar tidak kondusif. yang ingin bertanya boleh chat langsung ke saya. kontak saya bisa dilihat disini kontak

terimakasih, salam sukses :))


Menjadi bagian dari suatu perusahaan ternama di Indonesia adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang, tak terkecuali saya. Selain dikarenakan sebuah janji masa depan yang katanya akan cerah ( walaupun sebenarnya nasib orang kedepannya hanya Tuhan yang tahu ), nilai sebuah kebanggaan pun menjadi suatu hal yang tidak bisa tergambarkan.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagi sebuah cerita, ya hanya sebuah cerita, tentang sebuah perjuangan diri di sebuah seleksi terbuka calon karyawan Indonesia Power. Yang pada intinya. dari sebuah cerita ini saya hanya berharap dapat memberi sebuah kebermanfaatan yang besar untuk teman - teman pembaca pada waktu dan tempat selanjutnya.

TAHAP SELEKSI

sebelum saya menceritakan apa saja tahapan seleksinya, saya akan memberikan gambaran terlebih dahulu, bagaimana dan kenapa tahapan seleksi dari sebuah perusahaan Indonesia power ini akan amat sangat terasa terlihat panjang, tetapi pada kenyataanya tidak sepanjang itu atau setidaknya tidak terlalu terasa lama.

kenapa terlihat panjang? karena dari serangkaian tahapan tes, kalian harus menghubungkan delapan kali proses tes yang wajib dilakukan apabila lolos dari masing - masing tahapan. dan kenapa pada kenyataannya tidak sepanjang itu? karena pada kenyataanya tahapan awal tes akan dirapel beberapa rangkaian sekaligus, tanpa harus menunggu beberapa hari atau beberapa minggu.

Setelah mengetahui itu, berikut ini adalah tahapan seleksinya :

#  Seleksi berkas
1. Tes intelegensi ( + tes TOEFL bagi non teknik )
2. Tes kemampuan umum
3. Tes fisik
4. Tes psikologis
5. LGD
6. Wawancara psikologis
7. Tes lab dan penunjang
8. Wawancara user

#SELEKSI BERKAS


Sebelum bisa mengicipi tahapan pertama dari tes masuk, tentu saja dibutuhkan persyaratan umum maupun khusus yang harus terlewati. Persyaratan umum dan khusus tersebut dilengkapi dengan pengumpulan berkas. Pada seleksi berkas yang saya jalani persyaratannya meliputi:

  • Scan ijazah / SKL bagi yang belum mendapatkan.
  • Scan transkrip nilai
  • Scan KTP yang masih berlaku
  • Foto setengah badan berwarna
  • Scan sertifikat TOEFL (opsional)
Keseluruhan berkas tersebut nantinya diwajibkan untuk diupload sebagai syarat pendaftaran awal. Pendaftaran awal tersebut juga disertai dengan pengisian biodata diri, pengalaman kerja (jika ada), data prestasi, data pendidikan, Keluarga, pengalaman organisasi, dan kemampuan bahasa, juga pemilihan lokasi tes peserta.

catatan:
  1. Pastikan kelengkapan berkas sebelum mendaftar via online, sebagai pengalaman, saya harus mengulang beberapa kali input berkas karena server yang terkadang tidak stabil (karena banyaknya yang mendaftar).
  2. Pastikan tanggal akhir input berkas, jangan sampai lewat batas deadline karena nantinya data yang telah diinput akan menjadi sia-sia. Sebisa mungkin input berkas tidak mepet tanggal akhir pengumpulan.
  3. Catat tanggal - tanggal penting yang telah diumumkan, dan pantau terus perkembangannya tiap hari. Karena terkadang panitia bisa merubah jadwal sewaktu - waktu yang telah ditentukan.
  4. Masuk ke dalam forum online yang khusus membahas perkembangan info seleksi indonesia power, saya sendiri memilih kaskus. Hal ini penting karena terkadang informasi yang kita dapatkan tidak selengkap informasi yang didapatkan orang lain. Terlebih dalam suatu forum pegawai senior biasanya membantu memberikan informasi yang penting. kalau saya bilang sih Sharing is caring :).
  5. Pastikan pilihan lokasi tes adalah yang terdekat dengan domisili. Karena selain memudahkan, hal tersebut juga menjaga informasi tetap keep in touch dengan kamu. Jangan lupa berbagi informasi juga, ingat Sharing is Caring.
  6. dan yang terakhir adalah banyak - banyak berdoa, semoga tembus di tahap seleksi berkas ini. Percaya deh, jika persyaratan dan ketentuan yang telah diinformasikan sudah benar - benar dijalani, InysaALlah kesempatan untuk lolos adalah tinggi.
TES INTELEGENSI DAN TES KEMAMPUAN UMUM

Setelah lolos dalam tahap seleksi berkas, maka kamu akan mendapatkan panggilan pertama via sms untuk mengikuti tes Intelegensi dan kemampuan umum. Dibagi menjadi 3 sesi, tes ini dijalankan dalam waktu yang bersamaan di lokasi yang telah ditentukan, kebetulan saya memilih yogyakarta karena memiliki akses paling dekat dengan Semarang.

Tes intelegensi ini kurang lebih mirip dengan tes IQ tetapi dalam tingkatan yang lebih sederhana dan soal yang lebih sedikit. Meliputi hitungan sederhana, deret angka, bentuk 3 dimensi, sinonim dan antonim, dan bahasa inggris. Sedangkan tes kemampuan umum adalah tes yang menguji tingkat kemampuanmu dengan posisi sesuai dengan jurusan yang diambil. Untuk kasus yang saya ambil adalah teknik kimia, sehingga soal yang diuji berkisar di hitungan uji lab, bilangan volta, dan seputar water treatment. (untuk peserta non teknik akan ditambah tes TOEFL sebagai tahapannya)

catatan:
  1. Datang ke lokasi satu hari sebelumnya apabila domisili jauh. hal ini untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan seperti terlambat, terlalu capek karena perjalanan yang mengakibatkan hilangnya konsentrasi, dan tersesat. 
  2. Berlatih hitungan sederhana seperti deret angka, bentuk 3 dimensi dll. Serta kuatkan pemahaman mengenai dasar bahasa Inggris. Soal - soal bisa dicari melalui internet atau dibeli di toko buku terdekat.
  3. Pelajari profil Indonesia power, sehingga memudahkan untuk identifikasi di bagian mana nantinya akan ditempatkan. Hal ini penting karena seperti yang telah saya tulis sebelumnya, tes kemampuan umum meliputi uji tingkat kemampuan sesuai posisi yang akan diambil.
  4. Cari tempat menginap yang mudah dijangkau dari tempat tes diadakan. Sesuai pengalaman, apabila lolos tes tahap ini maka keesokan harinya akan ada panggilan untuk tes fisik.
  5. Jangan lupa, tetap berdoa :).
TES FISIK

Tes fisik diadakan keesokan harinya, di kota yang sama tetapi lokasi yang berbeda. Tes fisik ini meliputi cek kemampuan dan postur ideal dari tubuh, seperti mata, buta warna, tinggi badan, berat badan, gigi, tekanan darah, kelamin, dan ambeyen.

tes ini bersifat mutlak di berat badan ideal, buta warna, ambeyen, dan kelamin. Dan ada batas toleransi di mata dan gigi. Jadi apabila peserta ada sedikit kekurangan di poin yang saya sebutkan, maka banyak - banyaklah berdoa.

catatan :
  1. Walaupun belum tahu akan lolos atau tidak dalam tes sebelumnya, tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan dari bagian - bagian yang telah saya tuliskan sebelumnya. 
  2. Jangan begadang, karena akan mempengaruhi tekanan darah.
  3. Bawa celana training yang ringan jika memiliki berat badan yang sedikit berlebih, dan pakailah jeans jika berat badan cukup kurang. karena hal ini akan mempengaruhi berat badan yang berarti akan mempengaruhi berat badan ideal. ( menghitung berat ideal : BB / (TB x TB ) tinggi badan dalam satuan meter. idealnya angka berada di antara poin 19 - 25 )
  4. hindari makanan pedas sebelum tes fisik, karena akan mempengaruhi ambeyen jika sensitif.
  5. sekali lagi, banyaklah berdoa :)
TES PSIKOLOGIS, LGD, DAN WAWANCARA PSIKOLOGIS

Seperti halnya tes fisik, serangkaian tes yang menyangkut hal psikologis ini juga diadakan sehari setelah tes sebelumnya. Ketiga tes ini dilakukan secara berurutan tanpa menyisihkan peserta, jadi yang sudah lolos tes fisik berhak dan wajib menjalani ketiga tes ini. Menurut saya juga, tes psikologis, LGD dan wawancara inilah tes yang paling berat, karena dibutuhkan daya tahan tubuh serta konsentrasi yang tinggi. Selain itu, sangat susah untuk menerka kriteria seperti apa yang dibutuhkan secara spesifik, walaupun secara garis umumnya sudah pasti dan jelas.

Tes psikologis sendiri adalah sebuah tes tulis untuk menentukan gambaran diri seseorang melalui jawaban yang diberikan. Tes psikologis Indonesia power yang saya ikuti kemarin meliputi; soal - soal yang menyangkut kepribadian, hitung deret pauli / kreplin, menggambar manusia, menggambar pohon, dan wartegg tes. Kesemuanya dikerjakan dalam waktu dan tempo yang singkat.

Setelah itu ada yang namanya LGD, atau lingkar grup diskusi. Pada tes diskusi kali ini, peserta akan dipecah menjadi beberapa kelompok (pada tahun 2016 ini satu kelompok 7 orang). Dimana masing - masing kelompok akan diberikan permasalahan yang harus diselesaikan dengan cara diskusi. Diskusinya sendiri akan diberi waktu terbatas, dan diawasi langsung oleh seorang psikolog.

Dan sebagai penutup rangkaian, akan dilakukan wawancara psikologis. Wawancara ini terkesan sederhana. Peserta hanya melakukan tanya jawab kurang lebih setengah jam dengan seorang psikolog. Wawancara dilakukan dengan bebas tanpa batasan, (atau mungkin ada, tetapi hanya psikolog dan Tuhan yang tahu) meliputi aktivitas sehari - hari, aktivitas ketika kuliah ( atau ketika kerja ) dan pola pikir.

catatan :

  1. Seperti yang telah saya tulis sebelumnya, rangkaian tes psikologis menurut saya adalah yang terberat. Maka beristirahat yang cukup merupakan kunci utama.
  2. lakukan latihan perhitungan pauli / kreplin dengan waktu sehingga menjadi terbiasa ketika tes nanti.
  3. Tanamkan dalam pikiran bahwa tidak ada yang tahu gambar pohon atau manusia seperti apa yang benar dan sesuai, bahkan tips yang biasa tertulis di internet belum tentu benar. ( pengalaman saya menggambarkan manusia tanpa kelengkapan kaki pun bisa lolos ). Yang penting gambar sesuai kemampuan dna usahakan anggota tubuh atau anggota pohon lengkap.
  4. Jawab sejujurnya
  5. Jangan terlalu mendominasi dan jangan terlalu let it flow dalam lingkar grup diskusi. Berikan kemampuanmu dalam hal kepemimpinan sebisamu, dan tunjukan dirimu dalam hal kebijakan juga sebisamu.
  6. Tunjuk satu notulen ketika berdiskusi, kalau bisa mengajukan diri lebih baik. Hal ini bukan berarti yang bertugas menjadi notulen itu lebih baik daripada yang tidak menjadi. Hanya saja keberadaan notulen bisa membantu jalannya diskusi dengan baik, dan jika kamu bisa menjadi notulen, otomatis jalannya diskusi menjadi lebih paham bukan? hehe. ( jangan lupa catat waktu juga )
  7. Bantu teman untuk mengungkapkan pendapat, karena semakin banyak yang berbicara keberadaan sang dominan semakin memudar.
  8. Promosikan dirimu ketika wawancara psikologis, apa kelebihanmu dan solusi dari kekuranganmu ( pengalaman teman saya, dibilang kurang pede karena terlalu let it flow dan akhirnya nggak lolos )
  9. Tidak ada yang benar, dan tidak ada yang salah dalam tes kali ini. Hanya ada yang cocok dan tidak cocok.
  10. dan yang terakhir tentu saja banyak banyak berdoa :)
TES LAB DAN PENUNJANG

Serangkaian tes psikologis memiliki waktu penilaian yang panjang, oleh karena itu ini adalah kesempatan untuk memperbaiki pola hidup sehat sebelum tes lab dan penunjang. Walaupun belum tentu lolos di psikologis, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan terlebih dahulu, karena tubuh juga perlu penyesuaian. Persiapan - persiapan yang bisa dilakukan antara lain adalah; berolahraga ringan rutin tiap pagi dan sore ( jogging, sit up, push up, atau berenang), lakukan pola makan bebas kolesterol ( seperti menghindari gorengan, makan sayur hijau dll), lakukan olah nafas, cek saluran pendengaran, hindari merokok, minum air putih yang banyak dan kalau bisa cek terlebih dahulu di lab yang terpercaya.

Tes lab dan penunjang di indonesia power sendiri meliputi pengambilan darah dan urin ( sebelum dan sesudah puasa ), x- ray, tes pendengaran, dan treadmill.

catatan:
  1. banyak - banyak berdoa :) 

WAWANCARA USER

Wawancara user adalah tes tahap akhir untuk menentukan apakah layak atau tidak menjadi karyawan di Indonesia Power. Tes ini dilaksanakan di kantor Indonesia Power, kebetulan saya bertempat di semarang. Metode wawancaranya sederhana seperti pada umumnya, hanya saja kali ini pewawancara terdiri dari dua orang; satu user dan satu dari bagian HRD. Materi yang ditanyakan adalah seputar Indonesia power, kondisi kepribadian, kemampuan pemecahan masalah, dan materi sesuai bidang yang akan diambil. 

catatan:
  1. Jangan terlambat, usahakan 1 jam sebelumnya sudah berada di lokasi karena harus mengisi angket terlebih dahulu sebelum proses wawancara.
  2. Jaga penampilan sebaik-baiknya.
  3. Belajar lagi mengenai materi sesuai pembidangan.
  4. Banyak - banyaklah tersenyum tapi jangan sampai memberikan kesan bahwa dirimu sedang bercanda.
  5. Pikirkan satu pertanyaan yang akan diajukan, hal ini penting untuk menandakan bahwa dirimu benar - benar tertarik dengan pekerjaan tersebut.
  6. banyak - banyak berdoa :)
Setelah menjalani serangkaian tahap seleksi dan dinyatakan lolos, maka selamat kamu sudah dipastikan bergabung dengan keluarga besar Indonesia Power. Saya sendiripun pada waktu ini masih menunggu pengumuman akhir dari Indonesia Power, semoga saya loloss :).

Yang terpenting setelah lolos adalah berpegang teguh pada komitmen. Karena pada dasarnya Indonesia power ranahnya adalah seluruh Indonesia, sehingga kemungkinan untuk dipekerjakan diluar jawa pun pasti ada. Jika memang tidak siap untuk bekerja luar Jawa maka sebaiknya mengundurkan diri jauh - jauh hari,

Semangat!!!, semoga memberi manfaat :)

You Might Also Like

378 komentar

  1. selamat ya, aku juga merasakan betapa susahnay seleksi itu. melihat dulu perjuangan anakku mencari pekerjaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum ketrima mbak hehe, saya masih proses menunggu pengumuman apakah ketrima atau tidak :).
      iya mbak, mencari pekerjaan memang susah, tapi harus selalu semangat biar nggak mlempem :)

      Delete
  2. selamat ya atas keterimanya. emang banyak banget tahapan jika ikut seleksi di PLN. saya juga pernah ngalamin. saya gagal di tes fisik. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum ketrima, masih proses menunggu pengumuman. aamiin semoga diterima ya hehe.
      Semoga ada rezeki lain :)

      Delete
  3. Kalau gitu semoga keterima dan bergabung dengan Keluarga Indonesia Power! Jangan lupa salat Hajat.

    ReplyDelete
  4. Maaf mas mau tanya, jarak seleksi di indonesia power dari satu periode ke periode berikutnya itu brp lama ya ? Trus kalo misal diperiode yg sy ikuti ternyata gagal (amit-amit sih), apakah boleh diperiode terdekat berikutnya sy ikut lagi ?
    Btw, terima kasih atas sharing info nya, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jarak seleksi tidak menentu. Tergantung dari kebutuhan pegawai. Nah kebetulan industri pembangkit sedang besar - besarnya nih terkait rencana 35.000 MW yg dicanangkan pemerintah, jadi kemungkinan insyaAllah rentangnya pendek. (Mungkin sih ya minimal 2 kali lah selama setahun) semua kembali lagi sih ke kebutuhan unit.

      Kalau untuk masalah ikut lagi seleksi boleh aja, selama umur masih terpenuhi.

      Siip sama sama, semoga bermanfaat yaa. Selamat berjuang :)

      Delete
    2. Mas nya udah pengumuman ? Gmn hasilnya mas ?
      Oiya, kalo SKCK itu harus yg pake sidik jari (yg diterbitin polsek) atau boleh sy setingkat polres saja sudah cukup ?
      Makasih mas
      Smoga mas diterima di IP nya yaa

      Delete
    3. Saya udah nih, Alhamdulillah udah 5 bulanan di IP. Masih OJT kok hehe.
      Kalo angkatan saya dulu nggak pake skck nih, jadi maaf ya nggak bisa ngasih jawaban.
      Alhamdulillah sekarang semoga bertahan lama saja dan betah kerja disini aamiin :)

      Delete
    4. Alhamdulillah .. Selamat mas :)
      Emg walopun udah diterima gitu msh ada seleksi lg ya mas ?
      Oiya trus kalo tes nya kebanyakan di weekdays apa weekend ya mas ?
      Thanks

      Delete
    5. Sudah tidak ada seleksi, tapi masih ada beberapa tugas yg wajib untuk dikerjakan. Nanti penilaiannya digunakan untuk sidang akhir pemberian SK, atau surat resmi diterima. Jadi intinya saya masih percobaan 6 bulan baru diterima (insyaAllah udah 99% diterima, tinggal sayanya saja bisa menyesuaikan diri atau tidak).
      Pas jaman saya tes awal awal berurutan, bisa mengambil weekend dan weekdays, tapi kebanyakan weekend

      Delete
  5. Mau tanya mas,biasanya pertanyaan yg d ajukan utk pewawancara(hrd &user) itu deskripsiny sprti ap ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seputar indonesia power, jelas dong kalau mau bekerja di suatu instansi tertenti harus tau dan mau mengenal terlebih dahulu. Yg kedua problem solving, biasanya dikasih seperti kasus di pembangkit gitu. Yg berikutnya daily activity, aktifitas sehari hari yg kamu lakukan seperti apa

      Delete
  6. maaf mau tanya, kalo boleh tau proses seleksi dari tes akademis sampe wawancara user berlangsung kira² berapa lama ya mas?

    ReplyDelete
  7. Mas sy dpt panggilan test interview user cman via sms cman ada tgglnya aja tempat&waktu g ada di email jg g ada gmna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa saya gak lulus ke tahap berikutnya ya...

      Delete
    2. Apa saya gak lulus ke tahap berikutnya ya...

      Delete
    3. Belum tentu nggak lolos mas, mungkin kesalahan server. Soalnya hal ini pernah kejadian di angkatan saya. Tapi buktinya sekarang dia sudah bekerja bareng saya di IP

      Delete
  8. Minta petunjuk mas biasanya apa yg sering ditanyakan pd sesi interview user

    ReplyDelete
  9. Minta petunjuk mas biasanya apa yg sering ditanyakan pd sesi interview user

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seputar materi yg berkaitan dengan pembangkit, dikorelasikan dengan jurusan pas kuliah.
      Ada juga pertanyaan seputar study kasus dan pengalaman pribadi.

      Delete
  10. Ada kenalan kah mas untuk jurusan teknik sipil ?
    Butuh informasi ttg wawancara user untuk jurusan teknik sipil.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen saya dari sipil kemarin yg sudah diterima ada 13 orang mas.

      Delete
  11. biasanya berapa lama ya mas dari close recruitment sampai pengumuman untuk seleksi berkas? apakah lama waktunya sampai berbulan2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo biasanya saya nggak tahu karena tes juga sekali. Tapi pas saya dulu cuma 2 minggu.

      Delete
  12. mas smau tanya, kalau tes LGD itu permasalahannya tentang apa biasanya mas ? menyangkut ke ranah pemabngkit ga mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. LGD itu lebih menilai ke hal psikologis kamu dalam hal teknis, pemecahan masalah, cara bekerja sama dll. Tidak membahas materi sama sekali

      Delete
  13. permisi mas, untuk tes awal (akademik) apakah soalnya multiple choice atau uraian (essay) ? terima kasih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas jaman saya multiple choice. Bener +4 salah -1

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. mas, mo nanyak.
    klo pas tes fisik seandainya giginya belobang kemungkinan besar lulus gak mas? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan lulus masih ada, tapi kemungkinan besar saya tidak bisa memastikan. Kalau semisal ada yg beekompeten tetapi giginya berlubang, kenapa harus milih yg tidak beekompeten tapi gigi bersih

      Delete
  15. Kalau daftar di bid.keuangan pertanyaannya spt apa aja mas? Apa lebih ke hal teknis? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya untuk tes wawancara tahap akhir? Saya tidak bisa menjawab secara pasti, tapi kebanyakan tiap wawancara akhir memang membahas hal demikian. Karena pertanyaan mengenai kemampuan dasar dll sudah di ujikan sebelumnya

      Delete
  16. gan mau nanya, kalo skrg OJT nya dimana? saya lagi nunggu panggilan sms buat tes intelegensi hehee mohon doanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sekarang OJT di tanjung priok jakarta utara, doakan ya hehe.
      Siiip saling mendoakan, semoga sukses

      Delete
  17. mas klo foto ny seluruh badan bisa gak y, krn foto setengah badanny bluuurrr, terus mas waktu psikotest ada test bangun ruang gak, krn itu sulit menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masalah foto coba hubungi panitia seleksi ya hehe, saya bukan panitia.
      Kalo jaman saya dulu ada tes bangun ruang juga, coba dipelajari dulu dan dilatih lagi siapa tahu keluar untuk tahun ini

      Delete
  18. Sebelumnya selamat mas udah lolos di IP! Mau numpang tanya nih mas, masnya ada temen yg bagian hukum ga di IP? Kalo ada, boleh tolong ditanyakan kemarin soal tes akademiknya meliputi materi apa saja? Karena saya belum dapat referensi darimanapun, terima kasih banyak sebelumnya mas! Sukses!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya.
      Saya tes masuk jalur periode D3 untuk semua jurusan. Untuk non teknik hanya ada administrasi, informatika dan akuntansi/keuangan jadi maaf saya belum ada kenalan orang dengan basic hukum.

      Delete
  19. Replies
    1. Tentu ada, FGD rangkaian dari psikotest

      Delete
  20. Masbro, kalo kartu tes ilang itu gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya kartu tes nggak boleh hilang, apalagi jika sudah melewati tes tertentu dan tercantum tanda tangan pengawas disitu.
      Untuk lebih jelasnya bisa tanya panitia periode yg sekarang.

      Delete
    2. Waduh mas, kalo misal bawa surat kehilangan dari polisi gimana mas? Ilang dengan tasnya mas

      Delete
    3. Sudah melewati salah satu tahapan tes? Ada ttd panitia?

      Kalo sudah dan ada coba konfirmasi dan ditanyakan kembali ke panitia.

      Kalo belum dan (pasti) tidak ada cetak ulang

      Delete
    4. Saya tinggal ttd kontrak aja mas, kemaren abis interview malah tasnya ilang, apes bgt saya mas

      Delete
    5. Kalo begitu, coba tanyakan ke panitia ya, sebaiknya harus bagaimana. Bisa hubungi nomer telpon yg telah disediakan panitia.

      Delete
  21. Replies
    1. Saya angkatan 20, sudah pengumuman sejak bulan april lalu.
      Untuk yang sekarang baru pengumuman angkatan 21 dan sedang proses angkatan 22

      Delete
  22. Wah selamat! Semoga saya ketularan :D

    ReplyDelete
  23. okky saya mau tanya klo info lolos verifikasi administrasi brpa lama di umum kan
    dan kalo lolos dapat sms dan email ngak....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa lamanya saya lupa, kurang lebih 2 minggu.
      Menurut pengalaman saya dan teman - teman saya, bisa dapat sms bisa dapat email, atau bisa juga dapat kedua duanya.

      Delete
  24. makasih info nya mas
    klo posisi yg di butuhkan itu kan banyak ada s1 dan d3
    pas daftar kan hanya memilih jurusan nya saja mas
    jd kapan kita bisa memilih bagian yg kita pilih mas...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagian nggak bisa dipilih mas, itu hak prerogatif dari pusat. Yang penting dimaksimalkan dulu tesnya sampai lulus, nanti bagian mengikuti. :)

      Delete
  25. Halo mas. Infonya berguna banget nih. Thanks udah sharing ya mas.
    Saya mau nanya, apakah tes yang mas ikuti kemarin itu rekrutmen reguler tahap III yang deadline aplikasinya tgl 25 agustus 2016 atau bukan mas?
    Abang saya ikut rekrutmen yang deadline aplikasinya tanggal 25 agustus 2016 kemarin, tapi sampai sekarang blm ada pengumuman. Apa memang ada kemungkinan pengumuman seleksi admnistrasi itu jaraknya lebih dari 3 minggu dari tanggal deadline aplikasi? Atau yang tidak lulus memang tidak dapat pemberitahuan apapun dari indonesia power?
    Maaf banyak nanya ya mas. Takutnya abang saya yang ketinggalan informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, saya rekrutmen bulan maret 2016. Saya angkatan 20. Bisa saja lebih dari 3 minggu karena untuk periode itu dibarengi dengan rekrutmen s1, bukan d3 saja.
      Jaman saya, yang tidak lulus memang tidak dikirimi sms. Setau saya untuk angkatan 21 sudah mulai pendidikan tgl 14 ini. Untuk angkatan 22 belom.

      Delete
  26. oh iya mas. mau nanya lagi.
    yang mas bilang "Untuk yang sekarang baru pengumuman angkatan 21 dan sedang proses angkatan 22" itu bulan berapa ya mas pengumuman angkatan 21 dan proses angkatan 22 nya? yang proses angkatan 22 itu maksudnya gimana mas?
    maaf banget banyak nanya mas soalnya abang saya gabisa tenang karena sampe sekarang belum ada pengumuman apapun di website erecruitment nya indonesia power

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengumuman saya tidak tahu, tapi estimasi jeda waktu pas jaman saya 2 sampai 3 minggu. Proses angkatan 22 itu yang seleksinya ada rekrutmen untuk s1 juga, sekarang belum pengumuman. Sedangkan proses yang angkatan 21 sudah selesai dan sekarang sedang menempuh pendidikan hari pertama.
      Iya nggak masalah, selama saya bisa bantu saya akan bantu.

      Delete
    2. menurut pengalaman mas okky, calon karyawan yang dicari indonesia power yang gimana sih mas?

      Delete
    3. Untuk kualifikasinya saya tidak tahu karena saya menjadi bagian yang ikut seleksi, bukan penyeleksi.
      Tapi Indonesia power punya tagline IP AKSI, ( integritas profesional proaktif sinergi ) sebisa mungkin tanamkan nilai nilai tersebur di dalam diri selama proses seleksi

      Delete
    4. sama sama, semoga bermanfaat :)

      Delete
  27. Mau tanya mas, dulu waktu tes FGD masih ingat nggak materi yg diujikan berkaitan dengan apa? Terimakasih sebelumnya, postingannya sangat bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas anonymous udah keluar pengumuman yg lolos administrasi ya....???

      Delete
    2. Sepertinya belum mas Cupritno, saya juga sedang menunggu kabar baik hehe. Tapi kemarin saya stalking dari kaskus kemungkinan pengumuman administrasi di minggu ke-3 bulan september ini. Semoga segera mendapat kabar baik ya mas.

      Delete
    3. FGD ketika saya dulu menyoal tentang urutan prioritas. Jadi intinya studi kasus dan kita diajak untuk berdiskusi tentang urutan prioritas, bisa jadi kegiatan bisa jadi prioritas barang. Kurang lebih seperti itu.

      Untuk pengumuman saya rasa belum. Di kantor baru rame mengenai rekrutmen dan ttd kontrak awal untuk angkatan 21, alias rekrutmen yang hanya D3 saja. Untuk rekrutmen yg D3 dan s1 belum.

      Saran saya sebaiknya teman - teman aktif membuat grup sesama calon rekrutan, sehingga bisa saling mengabarkan tentang sudah atau belumnya pengumuman.

      Delete
    4. mas anonymous boleh minta ga link page kaskus yang ngebahas ada kemungkinan pengumuman administrasi di minggu ke-3?
      hehehe :)

      Delete
    5. Monggo http://m.kaskus.co.id/thread/56e7aaf598e31be41b8b4567

      Makasih infonya mas Okky :)

      Delete
    6. Sama sama mas anon, semoga bermanfaat

      Delete
  28. mas saya mau tanya masalah kesehatan
    kalo gigi gerahang tidak lengkap lg apa masih bisa lolos pada saat tes kesehatan.....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan ini senada sama pertanyaan mas anonymous jauh jauh hari di atas :). Untuk bisa atau tidak bisanya lolos saya tidak tahu, itu hak prerogratif dari pihak indonesia power, tapi kalau secara logika ada orang yang geraham bolong tapi berkompeten, masak iya dikalahkan sama orang gigi perfect tapi tidak berkompeten. Sekali lagi, semua hak dari indonesia power selaku panitia :)

      Delete
    2. maaf mas saya tidak baca semua, saya pikir belum ada yg menanyakan hehehhehe
      makasih info nya mas

      Delete
    3. Sama sama, semoga membantu. Hari ini saya dapat kabar dari teman kalau sudah pengumuman, semoga mas lolos juga :)

      Delete
    4. amin mas
      mas kalo ujian harus pake baju hitam putih atau bebas mas
      mohon pencerahan nya mas

      Delete
    5. Nanti di web bakal diumumkan harus membawa apa aja dan pakaian apa saja. Tapi dulu saya ketentuannya pakaian hitam putih rapi seperti ospek kuliah

      Delete
    6. makasih mas info nya
      tp waktu nya mepet gtu ya
      jangan bosan ya mas jawab pertanyaan saya
      hehehehe

      Delete
    7. Memang mepet, saya dulu bahkan menerima pengumuman jam 1 pagi untuk tes fisik sedangkan tesnya berlangsung pukul 7 pagi pada hari yang sama. Intinya sih harua bersabar dan terus menggali informasi. Iya sama sama semoga membantu

      Delete
  29. Mas okky helja mau tanya biasanya berapa lama ya mas dari tutup recruitment sampai dengan
    pengumuman untuk seleksi berkas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan inj sudah 2 kali sayajawab di atas :). Biasanya seberapa lama saya tidak tahu, tapi estimasi pas jaman saya kurang lebihnya 2-3 minggu

      Delete
  30. asalamualaikum mas..
    saya peserta seleksi IP tahap III/Angkatan 22. Mohon petunjuknya, apakah sudah ada pengumuman? sy selalu cek di website resmi IP ada menu pengumuman tapi engga ada datanyam mohon informasinya trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas deni kalo saya lancang
      tapi menurut saya mas ini aneh banget nanya sama mas oki
      mas oki kan pekerja di indonesia power, bukan panitia rekrutmen. ya jelas lah mas oki tidak tahu-menahu ada pengumuman apa engga. yang ditanyakan orang2 saja bukan apakah pengumuman sudah keluar atau belum, tapi berapa lama pengumuman keluar menurut PENGALAMAN mas oki. pasti berbeda kan sama ketentuan panitia rekrutmen sekarang.
      coba biasakan baca komentar2 ya mas sebelum bertanya. cerdas dong mas :)

      Delete
    2. Untuk pengumuman hari ini ya :). Saya dengat dari teman juga yang mendaftar, semoga lolos :)

      Delete
  31. asalamualaikum mas..
    saya peserta seleksi IP tahap III/Angkatan 22. Mohon petunjuknya, apakah sudah ada pengumuman? sy selalu cek di website resmi IP ada menu pengumuman tapi engga ada datanyam mohon informasinya trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut rekrutmen IP pengumuman minggu ke 4 september paling lama keluar pengumuman nya

      Delete
    2. Teman saya sudah pengumuman hari ini via sms. Monggo dicek inbox masing masing rekrutan :)

      Delete
  32. Pengumumannya tanggal 26 September gan, ane sudah dapat sms barusan dari Indpower

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mas eeng, semoga lolos dan segera tekan kontrak dengan Indonesia power :)

      Delete
  33. assalamuallaikum, kalau boleh tanya test untuk yang mendaftar bagian administrasi gimana ya mas? apa saja yang dipertanyakan? Tolong tanyakan di teman mas okky, mungkin ada yang kemarin dafar di bagian administrasi. Terimakasih sebelumnya mas okky.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik akan saya tanyakan, mungkin butuh waktu sampai paling lambat besok. :)

      Delete
    2. Menurut pengalaman teman saya yang administrasi. Dulu jurusan ini soal yang ditanyakan adalah perihal surat menyurat kedinasan, tentang gerakan 5s, dan administrasi umum perkantoran sesuai yang telah diajarkan di perkuliahan. Semoga membantu

      Delete
    3. selamat sore mas, maaf ganggu. alhamdulillah saya lolos seleksi administrasi indopower untuk tes tgl 27-28 sept, saya dari jurusan adm.negara. nah brati untuk tes akademisnya bukan hanya TPA saja ya ? tapi sama materi yg berkaitan dengan bidang yang kita lamar ?

      Delete
  34. Barusan ane dapat sms notifikasi yang menyatakan lolos, lengkapnya liyat screenshot di http://s21.postimg.org/lzttrk88n/S_4954383920172.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mas arifin, semoga terus melaju sampai tahap terakhir :).

      Delete
  35. Gan eeng, itu tadi dapet sms aja kan ya ga dpt email? Tp di web blm ada peengumuman kan ya?. Btw daftar posisi apa gan?

    ReplyDelete
  36. mas, mau tanya, maaf sebelumnya kalo sudah ada yang menanyakan
    untuk angkatan tahun 2016, apakah ada ikatan dinas, minimal berapa tahun gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo liyat di pengumuman awal ikatan dinas 5 tahun

      Delete
    2. makasih infonya mas arifin

      Delete
    3. Ikatan dinas maksimal 5 tahun. Maksud dari ikatan dinas itu adalah karyawan tidak boleh keluar atau bermaksud mendaftar di pekerjaan lain sebelum batas 5 tahun itu selesai. Untuk pegawai tetap, setelah OJT pun sudah dianggap sebagai pegawai tetap sampai akhir masa pensiun.

      Nanti kalau sudah diterima bakal diberi penjelasan lebih lanjut sama bagian SDM nya. :)

      Delete
  37. Nah... Dapat SMS:
    Yth. Selamat Sdr/i LULUS Seleksi Administrasi. Seleksi Akademik tgl. 27-28 Sept-16.
    Info lengkap login: erecruitment.indonesiapower.co.id tgl 26-09-16.

    Cuman masalahnya Saya berasal dari Kota Bima Provinsi NTB.
    Bingung mengenai transportasi dan akomodasi di sana gmana?

    Untuk diskusi:
    Buat grup FB dong...
    FB Saya: Muhammad Amin.
    No. HP: 082340397791.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo diikuti saran mas jangan disebut ini. Buat grup fb, atau kalau pengen praktis bikin grup wa aja hehe.

      Mengenai masalah transport sekiranya mas berani berjuang insyaAllah nanti kalau sudah ketrima bakal diganti lebih hehe. Semoga mas ketrima ya. Senior saya disini ada juga yang orang bima kok dan beliau berjuang juga dulu pas tes ke jogja :)

      Delete
  38. Mas oky, kalo tes di jogja tempatnya dimana ya mas? Ane dari semarang, mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi biasanya menurut pengalaman diumumkan lewat web, silahkan dicek webnya, insyaAllah menunggu satu hari karena butuh waktu buat input data calon peserta.

      Delete
  39. maaf mas mau nanya. Di atas saya ada baca perihal penyakit seperti ambeyen. Apakah nanti ada pihak yang melakukan pengecekan langsung seperti tes kesehatan pada seleksi kepolisian?
    Semisal orang tersebut memiliki penyakit ambeyen, apakan sudah pasti tidak lolos?

    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nanti ada pengecekan langsung oleh dokter mengenai ambeyen.
      Untuk pasti atau tidak pastinya saya tidak tahu, karena saya juga tidak dapat lembar penilaiannya. Tapi yang jelas ambeyen masuk ke penilaian kesehatan menurut pengalaman saya dulu

      Delete
  40. Mohon maaf mas sekedar menanyakan apakah yg tidak lulus seleksi berkas tidak mendapatkan sms? Karena sampai skr saya tidak menerima sma sedangkan semua teman saya sudah dapat. Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu teman saya yang tidak lolos maka tidak dapet sms. Atau kalau masih belum yakin ditunggu pengumuman daftar peserta di web

      Delete
  41. Mas okky mau tanya kalo tes akademik teknik kimianya itu itungan misal cari luas perpan ato pengetahuan misal jenis boiler gt mas?ato dua2nya itungan & pngetahuan? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknik kimia S1 atau D3? Kalau dulu saya D3 pertanyaannya lebih sederhana seputar daya hantar, elektrokimia, deret volta, demineralisasi air, desalinasi, korosif dll.

      Untuk s1 saya tidak tahu menahu tapi kemungkinan sama karena teknik kimia di pembangkit IP lebih diproyeksikan ke bagian labor, K3 atau ke lingkungan proper.

      Delete
    2. S1mas oh ok sip, berarti ga ada hitungannya dulu pas masnya tes akademik ya? Dan tes psikotesnya itu menunggu lolos akademiknya ato dibarengin mas?

      Delete
    3. sip, saya dulu sih hitungannya cuman di deret volta saja. sederhana kok, pasti bisa karena sudah diajarkan pas SMA. untuk S1 nggak tahu ya tesnya nanti bakal seperti apa hehe.

      menunggu lolos akademik baru bisa melanjutkan :)

      Delete
    4. Terima kasih mas, semoga mas okky tambah sukses :)

      Delete
    5. aamiin, terimakasih banyak doanya. semoga membantu ya :)

      Delete
  42. mas okky mau nanya, kalau kita lupa dimana ambil lokasi tes nya kemaren gmna ya mas?? sedangkan website nya tidak bisa di buka??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya pengalaman saya dulu, pengumuman web memang sedikit terlambat karena butuh waktu untuk input data calon peserta. Jadi coba ditunggu terlebih dahulu sampai webnya bisa. Atau kalau waktu sudah mepet coba ditelpon kontak panitianya :)

      Delete
    2. mas okki, saya membaca pada prasyarat administrasi pada poin 9
      Sehat jasmani untuk melaksanakan tugas pekerjaan di PT Indonesia Power dan tidak buta warna parsial/ total, yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Dokter;


      saya mendapat panggilan I
      sepengalaman mas okki apakah saya harus membuat surat keterangan tidak buta warna atau sudah akan masuk dalam tes kesehatan nantinya. terimakasih

      Delete
    3. Sudah saya jawab di bawah ya :), semoga membantu

      Delete
    4. mas okky punya no. panitianya ga ?
      emang ga ada ya tesnya di Sulawesi (Makassar) ? sy dari baubau sulawesi tenggara mas waktunya mepet sekali kalau sy harus ke Jawa. Mohon infonya ya mas...

      Delete
    5. wah saya nggak ada nomer panitianya hehe. biasanya di web ada kok nomer mana yang harus dihubungi, atau mbak coba cek email juga biasanya disana juga disertakan nomer.

      dulu saya tidak ada, hanya ada jogja, jakarta, surabaya, medan, padang. tidak tahu kalau tahun ini dimana saja.

      semoga membantu :)

      Delete
    6. ok. makasih ya mas atas infonya

      Delete
  43. asalamualaikum mas/mba...
    iya saya setuju buag grop WA saja. ini nomer hape saya 082221850560 Deni

    ReplyDelete
  44. asalamualaikum mas/mba...
    iya saya setuju buag grop WA saja. ini nomer hape saya 082221850560 Deni

    ReplyDelete
  45. asalamualaikum mas/mba...
    iya saya setuju buag grop WA saja. ini nomer hape saya 082221850560 Deni

    ReplyDelete
  46. Mas ada temen cewek? Boleh dong hubungin ke dia, saya mau tanya2, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada nih, tapi dianya nggak mau ngasih nomer pie jal hehehe

      Delete
  47. saya udh dpt sms dr IP, tp bingung ikut ato tidak, berhubung cuti kerja dikit,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikuti kata hati aja hehe. Kalo udah nyaman di tempat kerja yang sekarang ya monggo dipertahanin. Kalo berminat dan emang pengen masuk bagian PLN sok diikuti tesnya dengan ambil cuti :)

      Delete
  48. mas okky mau tanya, dulu pas ikut seleksi di jogja tempatnya dmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya di gedung vokasi UGM mbak. Tapi untuk pastinya ditunggu pengumuman via web aja ya :)

      Delete
  49. Saya Dpat panggilan jga nih dri IP, saya mau tanya klo dipalembang dimana nya yah lokasinya..soalnya saya dri batam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bukan panitia mas hehe.
      Coba ditunggu pengumuman webnya

      Delete
  50. mas okki, saya membaca pada prasyarat administrasi pada poin 9
    Sehat jasmani untuk melaksanakan tugas pekerjaan di PT Indonesia Power dan tidak buta warna parsial/ total, yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Dokter;


    saya mendapat panggilan I
    sepengalaman mas okki apakah saya harus membuat surat keterangan tidak buta warna atau sudah akan masuk dalam tes kesehatan nantinya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengingat tulisan prasyarat administrasi yang seperti itu, baiknya membuat surat keterangan dokter. (Karena tertera sebagai bukti). Dulu saya tidak ada, dan langsung tes di tempat seleksi sewaktu melaksanakan tes fisik.

      Delete
  51. Pas kesehatan smpe ke yg intim2 kagak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya cek kelamin?
      Ya sampe ke seperti itu, yang penting jaga terus kesehatan semua bagian tubuh bro

      Delete
    2. Di apain aja bro waktu cek kelamin itu? Tes keperjakaan & perawan gitu kah? Ngeri kali kedengarannya

      Delete
    3. cuman dicek aja kok bro.
      enggak, kan sama dokter ngeceknya :)

      Delete
  52. Haduhh...hancur ini mas, dapet panggilan disaat cuti habis, gak pas juga sama dayoff. Semoga keberanian mangkir berbuah manis...bismilah, semoga bisa nyusul mas okky

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa ngepas banget gitu ya mas.
      aamiin, semoga pengorbanan mendapatkan hasil yang setimpal alias diterima. Ohya, biasanya tesnya dalam waktu yang berurutan lho mas, siap siap mangkir dalam hari yang tidak sebentar kalo terus ketrima sampai tes tahap akhir.
      jangan lupa berdoa terus mas

      Delete
  53. mas okky, pas tes akademik, hal apa saja yang perlu di persiapkan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal secara teknis maksudnya? kalau secara teknis harus membawa apa saja dan harus berpakaian apa saja nanti bakal diumumkan di web kok hehe

      tetapi kalo mbak bertanya secara tips, persiapkan kesehatan, itu yang paling penting hehe. dan jangan lupa belajar materi yang sekiranya sesuai dengan jurusan mbak :))

      Delete
  54. Mas Okky, selama ikatan dinas 5 th apa tidak diperbolehkan menikah?
    Dan untuk tes fisik sampai tes kelamin juga ya,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, yang tidak diperbolehkan adalah selama mas OJT. perlu diketahui, maksud ikatan dinas selama 5 tahun adalah masa dimana kamu tidak diperbolehkan mangkir atau keluar dari IP entah untuk alasan pekerjaan baru atau alasan lainnya, boleh melanggar asal membayar hehe. kurang lebih seperti ikatan dinas 10 th tentara perwira akmil laaah.

      yap, sampai tes kelamin. tapi saya kurang paham untuk tes kesehatan perempuan, apakah sampai tes kelamin atau tidak.

      Delete
    2. Mas mau tanya masalah tes kelamin untuk pria, itu yg diperiksa kalo kelamin pemeriksaan apa aja mas lebih detailnya.

      Delete
    3. wah vulgar nih kalo harus share disini hehe

      Delete
  55. Mas, numpang tanya
    Lokasi tes nya di kota mana aja ya ?
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya ada 5 lokasi.
      Jakarta, Jogja, Surabaya, Medan, Padang.
      untuk tahun ini saya tidak tahu hehe

      Delete
  56. Mas, numpang tanya
    Lokasi tes nya di kota mana aja ya ?
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya ada 5 lokasi.
      Jakarta, Jogja, Surabaya, Medan, Padang.
      untuk tahun ini saya tidak tahu hehe

      Delete
  57. Mas mau tanya mengenai cek fisik. Kalo pemeriksaan kelamin itu apa aja yg diperiksa panitia. Trima kasih mas sebelomnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah vulgar nih kalo harus share disini hehe, intinya cuman dicek biasa aja sama dokter, apakah ada penyakit atau tidak.

      Delete
  58. Mas,setelah lulus seleksi administrasi apakah di periksa lagi hard copynya seperti SKCK dll ketika tes akademik atau kapan hard copy di kasih ?saya SKCK lupa buat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ada pengumumannya di web. dulu saya juga tau apa saja yang dibawa dan pakai pakaian apa saja juga dari web :)

      Delete
  59. Kalo berat badan ngaruh banget ga si mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap berpengaruh.
      teman saya dulu ada yang berlebih dan langsung dicoret di tempat, padahal tes fisiknya belum menjalani semua

      Delete
  60. Mas mau tanya, kl untuk bagian keuangan kira2 tes akademiknya kaya gmn ya? trus adakah contoh2 soal tes intelegensi & akademiknya? Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bro anon, saya dulu tidak di bagian keuangan hehe. saya dari teknik kimia. kemungkinan besar segala hal yang berkaitan dengan keuangan di perkantoran insyaAllah akan dipertanyakan.

      untuk contoh soal - soal tesnya tidak ada, karena setelah tes pasti soal dikembalikan.

      semoga membantu :)

      Delete
  61. Guys, saya baru aja melihat screenshoot sms pengumuman. disana tertulis untuk membuka web pada tgl 26 bulan ini, jadi jangan terlalu berspekulasi tentang tempat tes dll yaa. ditunggu aja webnya sampai terdapat info yang jelas hehe. dan sekali lagi minta tolong dibaca dulu komen yang sudah sudah soalnya ada informasi juga yang terkandung di dalamnya.

    terimakasih, salam sukses, semoga membantu. selama saya bisa membantu pertanyaan teman - teman saya akan bantu dengan senang hati :)) :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas, kebantu banget nih buat pengetahuan rekrutmen, kebetulan saya jg tgl 27 bsk tes akademik, semoga sukses mas di IP

      Delete
    2. Terimakasih, semoga sukses juga ya di seleksi :)

      Delete
    3. Terimakasih, semoga sukses juga ya di seleksi :)

      Delete
  62. Alhamdulilah ketemunyamg ginian...

    Mas. Saya lulusan d3 tekim. 27-28 ikut tes seleksi akademik..

    Ini mas td kan mas ud jlasin tuh soal2 tekim. Itu soalnya essai atau wawancara mas? Trus ada soal2 bhasa inggris gak? Atau wawancara pake bhasa inggris. Malum lemah bhasa inggris.

    Punya tips gak mas. Plajarin apa aja?

    ReplyDelete
  63. Alhamdulilah ketemunyamg ginian...

    Mas. Saya lulusan d3 tekim. 27-28 ikut tes seleksi akademik..

    Ini mas td kan mas ud jlasin tuh soal2 tekim. Itu soalnya essai atau wawancara mas? Trus ada soal2 bhasa inggris gak? Atau wawancara pake bhasa inggris. Malum lemah bhasa inggris.

    Punya tips gak mas. Plajarin apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi dulu itu namanya bukan tes akademik. tapi intelegensi dan kemampuan umum, semua sudah saya tulis di atas. Intinya sih bukan cuman soal menyoal jurusan sendiri, tapi ada kemampuan umum juga macam kelistrikan, logika, matematika dasar, bahasa inggris, antonim sinonim.

      dulu soalnya tertulis pilihan ganda, benar +4 salah -1. soal bahasa inggris ada

      untuk soal sesuai jurusan di D3 tekim, dulu yang keluar membahas tentang elektrokimia, korosi, demineralisasi, desalinasi, deret volta dan kimia dasar

      Delete
    2. Makasih mas. Sangat informatif..

      Satu lagi mas..

      Pertanyaan seputar ttg perusahaan.. Biasanya ditanya ttg apa aja mas. Tips2 pelajari apa aja mas ttg prusahaan?

      Waktu angkatan mas. Yang kurus ada yg lolos gak? Berat saya 50kg. Tinghi 167cm.

      Delete
    3. Makasih mas. Sangat informatif..

      Satu lagi mas..

      Pertanyaan seputar ttg perusahaan.. Biasanya ditanya ttg apa aja mas. Tips2 pelajari apa aja mas ttg prusahaan?

      Waktu angkatan mas. Yang kurus ada yg lolos gak? Berat saya 50kg. Tinghi 167cm.

      Delete
    4. banyak banyak buka web perusahaan aja, dan banyak banyak baca info disana. insyaALlah banyak informasi yang sekiranya nanti bakal ditanyakan.

      ada kok kurus yang lolos, asal memenuhi permintaan ideal perusahaan saja

      Delete
  64. mas, mau tanya lokasi ujiannya dimana aja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sudah saya jawab berkali kali mas hehe.
      dulu saya ada 5 lokasi. Jogja, jakarta, surabaya, medan, padang.
      untuk tahun ini saya tidak tahu :)

      Delete
  65. Pagi.. mas Bro
    Mau tanya, kemaren waktu angkatan mas, antara tes akademik dengan tes psikotes jeda nya berapa hari, dari tes pertama akademik.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya jeda 1 hari saja.
      dulu dilakukan 3 hari berturut - turut.
      dimulai dari tes intelegensi dan pengetahuan umum (mungkin tahun ini akademik) - dilanjut tes fisik - dilanjut psikotes.

      tentu saja sebelum lanjut harus lolos dulu di tiap tiap tes, dulu saya diumumin malam hari. esoknya langsung tes

      Delete
  66. Mas Okky, kan dulu waktu daftar sudah milih tempat tes di jakarta. Apa ada kemungkinan tempat tes pindah lokasi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan pindah lokasi tidak ada sepertinya, karena dilakukan pemilihan lokasi oleh peserta bertujuan untuk memudahkan peserta. tapi tunggu saja pengumuman resminya di web ya mengenai lokasi dan info lainnya

      Delete
  67. Terimakasih untuk semua informasinya mas. Sangat membantu. Saya salah satu dari sekian banyak yg ikut, saya mw nanya mas. Mas waktu itu tes di jkt, lokasinya dimana ya mas? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tesnya di jogja mas hehe bukan di jakarta -______-
      sebaiknya ditunggu dulu aja pengumuman via web nya, kemungkinan tgl 26 sesuai yang tertera di sms :)

      Delete
  68. Mas okky mau tanya kalau utk jurusan DIC Soal tes akademik nya yang keluar apa aja ya? Mungkin bisa ditanyakan ke temennya mas... dan barang kali sekalian ada contoh2 soalnya. Hehehe trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya kurang tahu menahu hehe, kebetulan saya sekarang ditempatkan di tanjung priok jakarta dan nggak ada teman seangkatan dengan jurusan DIC. jadi tidak bisa menanyakan secara langsung hehe.

      untuk contoh soal tidak ada, karena sehabis tes dikumpulkan

      Delete
  69. Assalamuallaikum, kalau boleh tanya test untuk yang mendaftar bagian keuangan gimana ya mas? apa saja yang dipertanyakan? Tolong tanyakan di teman mas okky, mungkin ada yang kemarin dafar di bagian keuangan. Terimakasih sebelumnya mas okky.

    ReplyDelete
  70. Mas okky satu angkatannya ada yang dari d3 elektro? Klo ada tolong ditanyakan dong seputaran tes akademiknya mengenai apa saja mas, klo ada yg elektro arus lemah mas, hehehe
    Trimakasih sblmnya mas

    ReplyDelete
  71. Mas sya mw tnya sya kn udh dftr Indonesia power nah smlm t pengumuman lwt smsnya tp sya blm dpt, saya cba cek trnyta saya slh dlm menuliskn no. Hp sya nah gmn t mas

    ReplyDelete
  72. Mas sya mw tnya sya kn udh dftr Indonesia power nah smlm t pengumuman lwt smsnya tp sya blm dpt, saya cba cek trnyta saya slh dlm menuliskn no. Hp sya nah gmn t mas

    ReplyDelete
  73. Ada yg dapet sms dr Ip ga .. sy dapet nih trs dsruh cek web tp gada apa apa .. hm aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informasi nya nanti mbak tanggal 26 di web rekruitmen IP jadi kalo sekarang belum ada pengumuman apa-apa sebatas pemberitahuan lolos seleksi administrasi aja. Saya juga dapet sms kemarin malam, antara tgl 27-28 september tes akademiknya.

      Delete
    2. biasakan baca komentar ya mbak sebelum bertanya. pertanyaan mbak udah dijawab sama mas oki sebelumnya. kemungkinan pengumuman keluar di website itu tanggal 26 nanti. be a smart questioner :)

      Delete
  74. mas, punya teman anak teknik kelautan kah? boleh tolong ditanya ga mas pas tes akademik itu topik apa yang keluar di soal tes untuk teknik kelautan? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kang mas okky. Alahamdulillah aku dapet sms juga, ini web nya keren update terus. mas okky sabar juga nih ngadepin yg nanya hhaa. aku sepaham nih sama mbak ivana. mas ada temen teknik kelautan ngga, boleh dong ditanyain soal yg kamren.. terimakasih.

      Delete
  75. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. Maaf mas Okky mau nanya, mas nya ada kenalan yg dari manajemen keuangan nggak? Saya pengen tanya2 seputar tes potensi akademik nya. Terimakasih

    ReplyDelete

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

recent posts

Popular Posts

Categories

aplikasi (5) arsip (10) bandung (1) buku (2) cerpen (2) cinta (19) detective conan (1) indonesia (17) inspirasi (35) islam (7) Jakarta (6) keluarga (2) kesehatan (1) kisah (28) kuliner (6) life (57) lingkungan (2) moment (10) movie (1) opini (25) organisasi (6) puisi (11) quotes (2) random (5) review (8) sarkasme (5) saya (34) Semarang (5) sepakbola (3) sharing (9) teknik kimia (4) ungaran (1) wisata (4)

Subscribe