zootopia, dan kebebasan untuk menjadi berbeda

10:43 AM

sumber  http://movies.disney.com/zootopia
beberapa hari yang lalu saya menonton film animasi yang menarik. sebagaimana fungsi dari sebuah film yang dipertontonkan, film ini cukup menghibur saya dengan gambaran yang apik dan detail gambar yang lebih dewasa di era film animasi sekarang ini. Terlepas dari segala aspek yang terkait dalam dunia perfilman, - karena bagi saya yang terpenting adalah baiknya jalan cerita serta kesesuaiannya dengan gambaran dari cerita - maka bisa dikatakan film ini sesuai dengan ekspektasi dari khalayak umum, termasuk saya di dalamnya.

Zootopia adalah sebuah kota paralel dimana para hewan telah memiliki akal dan perasaan layaknya manusia. Saya tidak menyebutnya sebagai sebuah evolusi, karena hakikatnya penggambaran bentuk fisik para hewan masih sama dengan hewan - hewan pada umumnya. Animasi ini berkisah tentang seekor kelinci desa bernama judy hopps yang memiliki cita - cita luhur, yaitu menjadi seorang polisi, emm.. maksud saya menjadi seekor polisi. Cita - cita ini telah ia tanamkan jauh - jauh hari semenjak usia dini dan tentu saja ia bermaksud memetiknya ketika dewasa kelak.

Untuk seukuran kelinci kecil, bagi teman - teman dan termasuk juga kedua orangtuanya ( atau kita sebut saja induk) cita - cita itu hanyalah seperti mimpi di siang bolong. Karena seperti halnya di dunia manusia nyata, fisik seorang perwira polisi di dunia zootopia haruslah fisik yang terbaik diantara hewan - hewan yang lainnya. Bayangkan, seekor kelinci harus bersaing melawan hewan - hewan yang cenderung lebih besar, kuat, dan gesit darinya.

Tetapi Judy tidaklah seperti pemuda - pemudi jaman sekarang, yang mudah meyerah hanya karena kalah oleh keadaan. Dengan waktu yang tak pernah rela ia siakan, Judy terus berlatih dan belajar memahami dirinya sendiri. Lalu kemudian buah itu semakin ranum, ia telah terpupuk dengan baik oleh semangat dan perasaan tidak pernah menyerah oleh Judy, hingga akhirnya buah itu siap dipetik dan dinikmati dengan penuh rasa kemenangan. Judy berhasil menjadi polisi pertama dari koloni kelinci.

Sepotong kisah Judy Hopps tadi, seharusnya memeberikan kita sebuah motivasi. Bahwasanya tidak ada batasan yang benar membatasi, selama kamu mau berusaha dan yakin bisa menjalani, menjadi berbeda seperti apapun itu percayalah impianmu akan segera kamu raih dengan perasaan penuh bangga. Dan bukankah sesuatu yang didapatkan dengan usaha keras, hasilnya lebih terasa?

You Might Also Like

29 komentar

  1. Blom sempet nonton film ini. Tapi udah download. Semoga weekend besok bakal sempat nontonnya. Ga sabar karena katanya emang bagus banget ya filmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat menonton bersama keluarga di rumah :)

      Delete
  2. Wah..film animasi yg menginspirasi
    Seperti sebuah sindiran telak juga kpd org yg mudah menyerah pada keadaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama bisa mengendalikan keadaan, kenapa tidak kita usahakan :)

      Delete
  3. sempat nonton juga sih, film nya emang menarik dan kalo dipikirin emang menginspirasi banget

    ReplyDelete
  4. Ini salah satu film animasi kesukaan saya :) Alur ceritanya juga bagus, ada maknanya yg bisa diambil dan memotivasi banget.

    ReplyDelete
  5. Zootopia adl film favorit aku dan anakku. Aku suka karakter Judy dan temannya hahaha
    Paling inget yang pegawai bank atau apa itu, lupa. Lelet bgt pelayanannya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Allah mbak, jadi pengen segera punya anak juga *eh

      Delete
  6. Aku belum pernah nonton film zootopia tapi dilihat dari semangat seekor kelinci bernama Judy mencontohkan bahwa oranf yang mau berusaha harus yakin, dan jangan memyerah di tengah jalan, bener gak mas?

    Seperti halnya kita jika punya cita-cita harus mau belajar dan memperbaiki kesalahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali, selama jalan masih terlihat tujuan masih ingin dicapai selama itu pula kita dituntut untuk terus berusaha

      Delete
  7. wahh film animasi yang sangat menarik sekali..

    ReplyDelete
  8. filmnya kapan rilis Indo? pengen nonton aja rasanya, itu Judy yang kelinci bukan ya ? kalo udah ada kasih linknya kakak :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini film lama sih, dan sepertinya sudah lama rilis pula hehehe

      Delete
  9. Wahh aku baru ajh download minggu kemaren ka :)

    Asik Sih Filmnya. Mengispirasi bgt

    ReplyDelete
  10. Ini mah film lama, tapi menginspirasi. Ngaak masalah tentang semangat doang tetapi tentang pertemanan. Dulu sempat si rubah temennya kelinci kehilangan kepercayaan terhadap si kelinci. Dan tiba tiba ada masalah yang mengakibatkan perpecahan antara kaum predator dan pemakan tanaman. Si kelinci dan rubah bersatu kembali serta memecahkan masalah itu bersama :D Banyak banget pesan yang dapat di ambil dalam film ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps, tentang perbedaan juga rasisme dibahas disini sih. tapi berat untuk membahasnya, takut salah tulis hehehe

      Delete
  11. bener emang nih filmnya keren banget, banyak pesa moralnya juga, kalo nggak salah ini fil dapat piala oscar ya buat kategori film animasi terbaik, ya memang film film macem gini yang mestinya jadi tontonan anak anak zaman sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah belum tahu kalo ini film dapet oscar

      Delete
  12. Aku belom nonton... Hihi. Iya pasti deh ada nilai moralnya film begini. Kita harus terus berusaha sekalipun kita kecil. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicobain icip icip nonton deh, bagus kok hehe

      Delete
  13. saya sudah nonton film ini mbak :) emang banyak pesan moral di film ini, si judi yang sebelumnya diremehkan untuk menjadi seorang polisi karena dia seeokor kelinci, tapi siapa sangka dia bisa memecahkan kasus besar di zootopia. Ada lagi karakter unik di film ini, namanya flash si kukang yang kalo gerak lambat banget, tapi saat nyetir mobil ngebutnya bukan main haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, saya mas mas dan brewokan juga heeee.

      Delete
  14. Saya belum sempet nonton zootopia sampai sekarang. Hehehe.
    Tapi, setiap film pasti punya pesannya masing-masing, ya? Dan kurasa film keluarga seperti ini punya pesan yang lebih kental. Hehe. Ditunggu cerita tentang film-film lain,bro! :)

    ReplyDelete
  15. gue rasa walaupun film ini animasi dan fiksi banget nlai yang ingin disampaikan kepada penikmat film tersampaikan dengan baik.
    gue setuju dengan statement lo di akhir. selama kita mau berusaha apapun yang kita inginkan pasti akan terujud..

    ReplyDelete
  16. Saya suka film animasi. Selain menghibur, suka ada pesan moralnya :)

    ReplyDelete

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

recent posts

Popular Posts

Categories

aplikasi (5) arsip (10) bandung (1) buku (2) cerpen (2) cinta (19) detective conan (1) indonesia (17) inspirasi (35) islam (7) Jakarta (6) keluarga (2) kesehatan (1) kisah (28) kuliner (6) life (57) lingkungan (2) moment (10) movie (1) opini (25) organisasi (6) puisi (11) quotes (2) random (5) review (8) sarkasme (5) saya (34) Semarang (5) sepakbola (3) sharing (9) teknik kimia (4) ungaran (1) wisata (4)

Subscribe