dua ribu tujuh belas, tahun perpindahan

8:19 AM


Di tanggal - tanggal yang mendekati klimaks tahun ini, para blogger seakan menemukan kembali rumah - rumah yang seharusnya mereka tinggali. Draft yang sebelumnya kosong, kini bersemi, diisi oleh celotehan mimpi juga harapan - harapan yang walaupun terkadang seperti terlihat jauh dari kenyataan, tetapi tentu saja sangat menyenangkan untuk merangkainya menjadi janji - janji yang harus ditepati. Wangsit masal akhir tahun itu, orang - orang menyebutnya dengan resolusi.

Merujuk ke kamus besar bahasa Indonesia (versi web, tentu saja), Resolusi adalah suatu keputusan yang bulat, bisa berupa permintaan ataupun tuntutan dalam bentuk tertulis. Maka tidak heran, jika banyak insan manusia yang mau saja repot - repot untuk menuliskan beberapa tuntutan dan permintaan terhadap dirinya sendiri, agar supaya (di tahun yang dimaksud) bisa terlaksana, entah itu bagaimana caranya. tuntutan dan permintaan itu kemudian menjelma menjadi sekantong harapan - harapan.

Tentu saja, Aku juga seorang yang pernah menjadi bagian dari sekian banyaknya yang terjangkit wabah ber-resolusi, ini. Bahkan tulisan resolusi pendekku masih bisa dibaca di laman blog okkyoctora.com ( baca : makna sebuah resolusi ). Dengan menuliskan resolusi ini, aku sadar, bahwa menulis adalah cara terbaik untuk mengingat sesuatu. Terlebih hal itu adalah mengenai target, tujuan, juga harapan - harapan di masa yang akan datang. Dengan lebih mudah mengingat, jelas, aku memiliki keuntungan untuk terus mempersiapkan pijakan agar tidak salah dalam melangkah.

kenangan indah iniesta di stamford bridge

Seperti yang aku bilang sebelumnya, resolusi adalah mengenai bagaimana berpijak yang benar demi tercapainya sebuah tujuan dan harapan. Barcelona FC, sebagai garda terdepan klub sepakbola terbaik era sekarang, adalah salah satu yang mengerti bagaimana cara berpijak yang benar itu. melalui sebuah artikel, aku pernah membaca, bahwa resolusi utama barcelona untuk tahun 2017 adalah bagaimana cara menjaga entitas penting bagi masa depan klub. Dan tentu saja, perpanjangan kontrak adalah salah satu caranya.

Don andres, Messi, juga Mats adalah sederet nama penting yang perlu diperpanjang kontraknya kala itu. Dan melalui perpanjangan kontrak jangka panjang Mats dan Messi (untuk Messi dilakukan review ulang klausul pelepasan), juga kontrak seumur hidup Iniesta, menuju akhir tahun ini,. Membuktikan Barcelona masih mampu mencontohkan bagaimana cara melangkah yang benar. (walaupun sebenarnya di awal musim ini Barcelona sempat mengalami badai yang panjang.)

...

mempersiapkan sebuah langkah, tentu diperlukan pemikiran yang lumayan panjang. seperti, apa saja yang sudah aku capai sampai saat ini, apa saja yang perlu aku capai di masa depan, dan seberapa besar langkah yang harus dipersiapkan untuk mencapai hal - hal besar yang aku inginkan. Untuk mempermudah, aku biasanya mereview ulang pencapaianku setahun kebelakang. 

Bagiku sendiri, tahun 2017 adalah tahun perpindahan. Dua belas bulan yang panjang berjalan secara tidak beraturan. Terkadang melenakan, terkadang pula menyesakkan. tentu ada beberapa hal yang terlupakan, detail kisah juga percakapan - percakapan yang terlewatkan. Tetapi ada beberapa hal yang masih saja nyangkut diingatan. tersebut ada beberapa poin yang setidaknya menjadi catatan pentingku di tahun 2017 ini.

kosan baru
kunjungan keluarga

Bulan Februari adalah pindah pertamaku. Kosan baru di daerah yang bernama perkebunan - walaupun kenyataannya gersang - lah aku menjatuhkan pilihan. Tentu, ada banyak sekali pertimbangan sebelum aku memutuskan untuk berpindah tempat. Terlebih di bulan itu nasibku belum menentu soal penempatan kerja, apakah akan dipertahankan di Jakarta, ataukah dibuang menjauhinya. Pindah tidaklah sesederhana yang kita duga.

Tidak seperti kosanku yang lama, kosan di jalan kebon bawang ini lingkungannya lebih tenang, juga lebih bersih. Hanya berselang satu rumah saja dari Masjid juga memberikan nilai tambah. Selain lokasi, permasalahan kamar juga jauh lebih baik. lebih luas, lebih tinggi, dan lebih sejuk adalah acuanku jika ibu di rumah bertanya kenapa memilih kosan yang harga sewanya hampir dua kali lipat lebih mahal dari kosan sebelumnya.

Status baru
pemberian SK pegawai oleh general manager UPJP Priok

Di bulan berikutnya, perpindahan kembali terjadi. Bahkan bisa dibilang, ini adalah sebuah pindah besar - besaran, karena melibatkan banyak orang. Oleh karena itu, boleh saya bilang bulan Maret adalah bulan yang penuh kebahagiaan. Setelah adanya penundaan, yang menjadikan keraguan akan kepindahanku yang pertama di bulan sebelumnya. Akhirnya jawaban yang ditunggu - tunggu datang juga. PEMBAGIAN SK!!!

Menjadi pegawai baru, tidak serta merta menjadikan segalanya menjadi baru. Banyak hal - hal lama yang masih terus berjalan apa adanya. Tempat kerja yang masih sama, berkegiatan kerja yang sama, juga rekan - rekan kerja yang sama. Hanya saja semua itu mengalir dalam satu gelombang besar menuju hal - hal yang baru. Tentu, Setiap perpindahan, memaksa sebuah perubahan. Dan perubahan yang paling saya rasakan mengenai status baru ini adalah, tanggung jawab yang semakin besar.

Tempat kerja baru
UJP PLTU Barru
Belum genap setahun berkarya sebagai pegawai di Priok, Jakarta, Perpindahan kembali harus aku alami. Perpindahan memang tidak mengenal waktu. Kedatangannya bisa tiba - tiba walaupun kamu nggak meminta. Perpindahan juga sering berbuah pahit, karena pada akhirnya perpisahanlah yang akan menjadi akibatnya. Apalagi kali ini pindahku sedikit lebih jauh, di sebuah pulau besar di timur Indonesia. Tepat di bulan November, PLTU Barru menjadi labuhanku berikutnya untuk bekerja.

PLTU Barru adalah pembangkit listrik dengan kapasitas yang kecil, tetapi cukup besar untuk pulau yang tidak terlalu padat seperti Sulawesi. Letaknya jauh ke utara Makassar mendekati kota pare - pare. Karena letaknya yang jauh dari kota - kota besar, maka segala fasilitas seperti pusat perbelanjaan, pusat hiburan, aneka ragam makanan, bioskop, dan lain sejenisnya harus tertahan. Apalagi menyoal keramaian, karena pada dasarnya kabupaten Barru adalah daerah yang lebih sepi daripada daerah - daerah disekitarnya.

...

Tahun 2017 memang berjalan tidak begitu mulus. Tetapi seterjal apapun itu, Alhamdulillah semuanya hampir aku akhiri nanti dengan perasaan yang ikhlas dan lapang dada. Karena dengan begitu, tahun - tahun yang baru bisa aku sambut dengan antusias yang berbeda, semangat baru, juga harapan - harapan baru. Semoga diberkahi.

Akan ada perpindahan yang seperti apa lagi di tahun depan?

Yuk.

You Might Also Like

4 komentar

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

recent posts

Popular Posts

Categories

aplikasi (5) arsip (11) bandung (1) buku (5) cerpen (2) cinta (21) detective conan (1) indonesia (17) inspirasi (35) islam (7) Jakarta (7) keluarga (4) kesehatan (1) kisah (31) kuliner (7) life (61) lingkungan (2) Makassar (1) moment (12) movie (1) opini (28) organisasi (6) puisi (11) quotes (2) random (5) review (8) sarkasme (5) saya (37) Semarang (6) sepakbola (3) sharing (13) Sulawesi (1) teknik kimia (4) ungaran (1) wisata (4)

Subscribe