mengulik gaspar, cerita detektif yang tidak biasa

4:26 AM

kineruku.com
Kita boleh saja mengenal Sherlock Holmes, detektif songong berkelakuan aneh tetapi cerdasnya luar biasa itu. Kita boleh juga memuji kejeniusan Paman Poirot yang konon otaknya berwarna abu - abu. Apalagi si bapak tua Comorron Strike yang selalu penuh kehati - hatian dalam memecahkan sebuah kasus, terbukti ia perlu menghabiskan buku novel setebal papan catur untuk menyelesaikan ceritanya. Tetapi jangan pernah melupakan seorang Gaspar, seorang detektif swasta yang iseng, walau sedetikpun, jangan lupakan, karena kalian hanya punya waktu 24 jam saja bersama Gaspar.

...

novel yang berjudul 24 Jam Bersama Gaspar ini, adalah salah satu karya yang mencuri perthatianku di awal - awal perilisan. Jika mengingat kampanye peluncurannya yang sangat masif oleh mojok selaku penerbitnya, pasti, novel ini bukanlah termasuk dalam jajaran novel yang sembarangan. mengingat mojok jarang - jarang mau mengkampanyekan salah satu produknya saja secara besar - besaran seperti itu. Dan jelas itu terbukti. Kisahnya, alur ceritanya, penokohannya, juga pelataran tempatnya. sederhana dan mudah dicerna, walaupun secara keseluruhan alurnya maju mundur sehingga apabila kita tidak fokus membacanya, akan sedikit kebingungan.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi novelnya, mari kita berkenalan dulu dengan pemberi nyawa cerita ini, mas Sabda Armandio Alif, atau biasa dipanggil Dio. Mas Dio ini menurut catatanku adalah seorang penulis muda yang berbakat.Terlihat dari debutnya dengan judul "Kamu: Cerita Yang Tidak Perlu Dipercaya" yang menjadi salah satu dalam jajaran buku terbaik yang dirilis oleh majalah Rolling Stone Indonesia. Info ini aku dapatkan melalui blog yang ditulis oleh salah satu penulis Indonesia ternama, mas Bernard Batubara.

Melalui blog mas Bara jugalah, aku mengenal tulisan - tulisan mas Dio yang lainnya, juga melalui blog, tetapi kali ini blog pribadinya mas Dio sendiri. Tidak jauh berbeda dengan novelnya, tulisan di blog mas Dio juga terkesan lucu tapi memikat. Jika Gaspar adalah novel yang terkesan aneh tapi unik, maka aku rasa akar dari segala keanehan itu berasal dari tulisan cerpen - cerpen mas Dio sendiri di blognya. ya, mas Dio sepertinya rajin mengasah bakatnya melalui sebuah blog. Jika kamu sudah membaca salah satu novelnya, kamu akan mengerti apa yang aku maksud.

Humornya garing, tetapi nggak berlebihan. Dan kalaupun ada saat dimana cerita dibawakan secara berlebih, percaya deh itu smooth banget. Begini, jika dibaratkan sebuah jajanan, tulisan mas Dio ini adalah jajanan yang penuh dengan  serbuk - serbuk micin. Kamu akan sedikit pusing jika berlebihan mengkonsumsinya, tapi kamu juga nggak bisa melepaskan diri untuk terus - terusan nyobain lagi dan lagi. nyandu gitu lah pokoknya. Mau nyobain micin ala mas Dio?

Tunggu dulu, mari kita ulas ke ceritanya.

Seperti yang saya ulas sebelumnya di atas, tokoh utama novel mas Dio ini bernama Gaspar. Seorang pria paruh baya yang di awal cerita sesumbar tentang kehebatan dirinya sendiri. Rasa bangga terhadap dirinya sendiri mungkin terlihat dilebih - lebihkan dan sangat fiksi. Tapi toh pada akhirnya ia berhasil menunjukan kepada para pembaca salah satu sepak terjangnya yang sudah direncanakan dengan matang, yaitu merampok sebuah toko emas hanya dalam tempo 24 jam dari sekarang. Tujuan utama Gaspar hanya satu, sebuah kotak hitam rahasia yang dimiliki oleh pemilik toko.

Dalam usahanya dalam merampok, Gaspar tidak sendiri. Ia ditemani oleh komplotan yang ia kumpulkan sendiri dalam tempo 24 jam sebelum rencana perampokan dimulai. Dengan cara mengumpulkan orang, Gaspar tidak terlihat menunjukan kelemahan atau ketidakmampuannya dalam melakukan suatu hal, namun sebaliknya. Karena, orang - orang yang dikumpulkannya adalah sebagian besar dari rencana untuk mendapatkan kotak hitam rahasia itu.

Lalu pada akhirnya apa isi kotak hitam rahasia itu?

Sila teman - teman membacanya langsung melalui novelnya.
Aku cuma bisa mengatakan, bahwa alur cerita yang maju mundur adalah kunci untuk memahami apa yang ingin dan sedang dilakukan seorang Gaspar. Rencana - rencana yang dibawa Gaspar memang absurd, tapi itu menariknya. Juga jangan lupakan, bahwa apa yang ingin dilakukan oleh Gaspar adalah sebuah kejahatan jika disimak melalui penuturannya. Tetapi apakah benar seperti demikian? Ataukah kita sedang bias makna antara kejahatan atau kebaikan. Yang jelas, Gaspar adalah seorang detektif yang tidak biasa. Melakukan kejahatan untuk sesuatu yang menurutnya baik. biarkan Gaspar menuntun kita.

Yuk.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Aku suka bgt buku2 tentang detektif..
    Jd inget detektif inaba hshha kocak jg tp misterius..

    ReplyDelete
  2. Sangat seru mengikut semua serial detektif apalagi banyak hal yang tidak terduga yang tidak bisa kita bayangkan bisa terjadi

    ReplyDelete

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

recent posts

Popular Posts

Categories

aplikasi (5) arsip (11) bandung (1) buku (5) cerpen (2) cinta (20) detective conan (1) indonesia (17) inspirasi (35) islam (7) Jakarta (7) keluarga (2) kesehatan (1) kisah (29) kuliner (7) life (59) lingkungan (2) Makassar (1) moment (11) movie (1) opini (28) organisasi (6) puisi (11) quotes (2) random (5) review (8) sarkasme (5) saya (36) Semarang (5) sepakbola (3) sharing (12) Sulawesi (1) teknik kimia (4) ungaran (1) wisata (4)

Subscribe